Bagaimana teknik foto makro atau macro photography yang baik?

Foto Makro

Fotografi makro adalah fotografi dengan jarak sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi namun tidak memerlukan bantuan alat pembesar optik seperti mikroskop. Fotografi makro biasanya memiliki rasio 1:1 yaitu besar gambar yang dihasilkan sama ukurannya dengan benda aslinya. Sebagai contoh, pada film 35 mm, lensa harus dapat fokus pada area sekecil 24×36 mm, yaitu ukuran gambar pada film.

Ada yang tahu bagaimana cara / teknik macro photography?

Ada beberapa tipsnya yaitu :

  1. Pilihlah lensa terbaik
    Jarak fokus lensa makro umumnya berkisar antara 50mm hingga 200 mm. Meskipun kebanyakan lensa zoom mengusung pengaturan makro, biasanya kemampuan untuk memperbesar gambar kurang dari setengah ukuran lensa makro sebenarnya, serta perbandingannya di mulai dengan 1:1 dan tidak kurang.

    Sebuah lensa berukuran 50-60 mm cocok untuk fungsi umum makro, tetapi jika anda ingin subjek lebih tajam, anda harus menggunakan lensa dengan jarak 100mm, tapi harganya lebih mahal lagi. Untuk objek seperti kupu-kupu dan capung, pemilihan lensa jenis ini sangat cocok, karena focal length yang di miliki juga harus lebih fokus.

    Lensa dengan jarak 150-200 mm adalah yang termahal, tapi anda akan mendapatkan gambar yang lebih tajam saat memotret subjek yang sedang terbang, seperti kupu-kupu.

  2. Gunakan Tabung Ekstensi untuk Mendekatkan Jarak Fokus Lensa
    Tabung ekstensi yang terletak antara bagian belakang lensa dan bodi kamera membuat lensa menjadi semakin fokus dan menghasilkan gambar yang lebih jernih untuk subjek yang kecil. Sebagai contoh, anda dapat memotret sebuah bunga besar yang dihinggapi seekor kumbang dengan sebuah lensa pembesaran berukuran 18mm hingga 200mm dan dengan tambahan sebuah tabung ekstensi berukuran 20mm.

    Cara ini secara alternatif lebih murah dibandingkan anda membeli sebuah lensa makro, yang tidak begitu cocok untuk di gunakan di luar ruangan. Serta, dengan tabung ekstensi yang pas, anda dapat membidik subjek anda secara lebih tajam lagi, dengan jarak fokus yang lebih dekat. Tambahkanlah tabung ekstensi pada kamera anda lebih banyak lagi, sehingga anda dapat memotret foto makro secara tidak terbatas.

  3. Gunakan Fungsi Diopter Pada Kamera Anda Untuk Membuat Lensa Fokus Lebih Dekat
    Filter Close-up adalah elemen lensa single yang kelihatan seperti alat pembesar magnifying glasses pada kamera anda. Filter-filter tersebut berada pada bagian elemen terdepan dan menyediakan alternatif yang lebih mudah untuk menjalankan fungsi sebuah lensa makro yang di namakan Pukka. Lensa tersebut hadir dengan berbagai jenis kelebihan yang terdapat dalam diopter. Filter close-up dapat diatur pada +1+2 or +4 dengan pembesaran diopter. Diopter juga tersedia dalam sistem filter Cokin Style Square. Gunakan fungsi diopter pada kamera DSLR atau mirrorless anda, untuk pemotretan close-up yang sesungguhnya.

  4. Gunakan Aperture untuk Mengontrol Depth of Field
    Untuk mendapatkan depth of field yang paling pas, gunakan aperture yang lebih kecil yaitu sekitar f/16 atau f/22. Anda akan mendapatkan ukuran setengah dari depth of field yang dapat anda raih saat menggunakan aperture f/22, yang berukuran sekitar 15mm adalah terbaik.

    Cara terbaik lainnya yang dapat anda gunakan untuk foto yang lebih tajam yaitu dengan menggunakan aperture penuh sekitar f/2.8 atau f/4. Satu kelebihan dari pilihan terakhir tersebut yaitu, segala sesuatu yang tidak fokus dalam gambar akan nampak seperti gelembung-gelembung lingkaran yang kelihatan sangat menakjubkan.

  5. Kombinasikan Cahaya Flash dengan Light Ambient
    Dengan subjek anda yang kian beragam, akan menjadi sangat menyenangkan jika anda menambahkan kombinasi cahaya selain flash, agar foto anda menjadi semakin hidup. Sebagai contoh, anda dapat memotret gabungan dari dua dedaunan, lalu anda dapat melihat kedua gambar tersebut mendapatkan cahaya alami. Tapi, pada bagian bawah gambar hanya diberikan cahaya flash kamera dan shutter speed hanya difungsikan pada salah satu gambar saja, sehingga latar belakang dari gambar lainnya menjadi lebih gelap.