Bagaimana Teknik Berkomunikasi yang Baik dengan Customer?

Anda sering berinteraksi dengan pelanggan? Baik itu sebagai customer service atau pedagang yang masih merintis usaha nya dari nol? Sebagai seorang penjual atau pedagang ataupun customer service tentunya kita akan sering bersinggungan atau berkomunikasi dengan konsumen atau pelanggan. Kadang kala kita mendapat pelanggan yang agak rewel dan kurang sabaran, atau bahkan bertemu dengan konsumen yang terus bertanya tentang produk yang kita jual namun pada akhirnya tidak jadi membeli.

Tentunya kita akan mengalami keadaan yang disebut dengan emosi atau marah, namun sebagai seorang pedagang atau customer service, kita tidak boleh marah atau menunjukan hal yang bisa menyinggung konsumen. Karena konsumen adalah raja. Maka dari itu, sebagai cs atau pedagang kita harus mengetahui mengenai cara berkomunikasi yang baik dengan konsumen ini. Agar konsumen merasa senang dan akhirnya jadi membeli produk yang kita jual. Faktor komunikasi dengan konsumen/pelanggan ini sangatlah penting karena sangat berpengaruh terhadap aspek psikologi konsumen untuk jadi atau tidak membeli barang atau produk yang kita jual.

Dan berikut ini adalah 10 Cara Berkomunikasi Yang Baik Dengan Konsumen, semoga bermanfaat bagi kita semua.

  1. Berikan kesan pertama yang bagus bagi pelanggan : kesan pertama sangatlah penting karena bila saat pertama kali konsumen berkomunikasi dengan anda dan anda bersikap jutek, bisa jadi konsumen akan langsung pergi.

  2. Pergunakanlah kalimat yang singkat namun bisa dimengerti : Janganlah bertele tele dalam menjelaskan produk atau barang yang anda jual, berikanlah kalimat yang singkat, padat dan jelas agar konsumen tidak merasa pusing dengan penjelasan dari kita.

  3. Berikan bantuan yang dibutuhkan oleh pelanggan : Bila konsumen menyakan sesuatu atau minta diambilkan barang ini itu disaat sedang memilih barang/produk yang hendak dijual maka bantu lah konsumen tersebut. Sebuah sikap yang seperti sepele, namun akan meninggalkan kesan mendalam di konsumen anda.

  4. Gunakan selalu kalimat yang positif dan berikan pujian : Konsumen tentunya ingin mendengar kalimat atau kata-kata yang positif yang bisa memberikan motivasi serta memberikan mood yang bagus bagi mereka. Dan jangan lupa berikan pujian terhadap konsumen anda.

  5. Berbicaralah dengan antusiasme yang tinggi : Konsumen anda akan lebih tertarik dengan kalimat yang diucapkan dengan penuh antusiasme tinggi.

  6. Berikanlah tatapan mata yang hormat, sopan dan bermartabat kepada pelanggan : Bila anda bertatapan mata dengan konsumen, berikan tatapan mata yang sopan, hormat dan juga bermartabat kepada konsumen. Agar konsumen merasa dihargai oleh anda.

  7. Bersikap tulus : Bersikap tulus lah terhadap konsumen yang tengah anda hadapi, karena dengan sikap tulus maka konsumen akan betah di toko anda. Akan berbeda sekali jika anda bersikap jutek, konsumen pasti ingin segera dan bergegas pergi dari toko anda.

  8. Jaga emosi : Jagalah emosi anda saat sedang melayani konsumen, terutama disaat konsumen sedang bertanya atau menyakan mengenai hal hal yang berkaitan dengan produk/barang anda.

  9. Jaga sikap : Dan jagalah juga sikap anda terhadap konsumen, agar konsumen tertarik terhadap barang/produk yang anda jual. Bila anda bersikap dengan baik maka konsumen akan senang dan tertarik dengan kebaikan sikap anda yang pada akhirnya bisa menyebabkan konsumen tersebut membeli produk anda.

  10. Terus Tersenyum : Berikan senyuman, karena dengan tersenyum akan timbul kesan bahwa anda sangatlah ramah dan tidak jutek.

1 Like