Bagaimana Tari Melinting dipertunjukkan?

Tari Melinting adalah tari tradisional yang berasal dari Lampung. Lalu, bagaimana Tari Melinting tersebut akan ditampilkan?

Tari Melinting biasanya ditampilkan oleh para penari pria dan penari wanita. Dengan jumlah penari biasanya terdapat 8 penari yang terdiri dari 4 penari pria dan 4 penari wanita. Dengan menggunakan busana adat serta diiringi oleh alunan music pengiring, penari menari dengan gerakannya yang khas dan menggunakan kipas sebagai atribut menarinya.

Tari Melinting biasanya dibagi menjadi beberapa babak, diantaranya babak pembuka, babak kugawo ratu, babak knui melayang, dan babak penutup. Pada babak pembuka ini penari memberikan penghormatan kepada para tamu. Kemudian pada babak kugawo ratu menggambarkan kelemah lembutan penari wanita dan kelincahan serta keperkasaan penari pria. Sedangkan pada babak knui melayang menggambarkan keagungan dan keanggunan para penari. Lalu pada babak penutup diakhiri dengan salam dan penghormatan dari para penari.

Gerakan penari pria biasanya didominasi oleh gerakan yang lincah dan dinamis yang meliputi gerakan babar kipas, jong sumbah, sukhung, sekapan balik palau, kenui melayang nyiduk, salaman, suali, niti batang, luncat kijang, dan lapah ayun. Sedangkan para penari wanita lebih didominasi gerakan yang lembut yang meliputi gerakan babar kipas, jong sumbah, sukhung, sekapan, timbangan/ terpipih mabel melayang, ngiyau bias, nginjak lado, nginjak tahi manuk,dan lapah ayun.