Bagaimana Tari Cokek ditampilkan?

Halo Sobat! Pasti sudah tidak asing kan dengan Tari Cokek ini? Nah, kira-kira bagaimana ya pertunjukan Tari Cokek tersebut ditampilkan?

Tari Cokek awalnya di mainkan oleh tiga penari wanita, namun sekarang tarian ini biasa di mainkan oleh 5 – 7 orang wanita. Dalam pertunjukannya, di awali dengan menari berjejer memanjang dengan dengan rentangan tangan setinggi bahu di iringi gerakan melangkah maju mundur mengikuti irama Gambang kromong. Dalam tarian ini penari biasanya juga mengajak para tamu untuk ikut menari. Ajakan tersebut dalam masyarakat Betawi di kenal dengan istilah Ngibing, yaitu saat dimana para penari mengalungkan selendang yang mereka kenakan ke leher para tamu yang datang dan menari bersama.
Tidak semua para tamu di ajak untuk menari, biasanya para tamu yang di anggap paling terhormatlah yang di ajak menari bersama terlebih dahulu. Tari Cokek ini merupakan tarian yang interaktif dan komunikatif. Tarian ini mirip dengan tari sintren dari Cirebon dan tari ronggeng dari jawa tengah dimana para penari juga mengajak para penonton untuk menari