Bagaimana tanda-tanda kulit iritasi karena skincare?

SAM_9910

Sebenarnya, tanda-tanda kulit iritasi bisa dengan sangat mudah dikenali. Cuma, kadang kita suka mengabaikan tanda-tanda tersebut dan menganggap itu hanya purging biasa, while in reality, your skin is trying to tell you something. Nggak cuma ingredients pada skincare saja, bahkan cleansing tools seperti Clarisonic pun bisa memicu iritasi.

Berikut tanda-tanda iritasi wajah karena skincare:

1. Timbul Jerawat
Munculnya jerawat bisa terjadi karena produksi minyak berlebih di wajah. Penyebabnya bisa terjadi karena penggunaan produk kecantikan yang tidak tepat. Bila jerawat tiba-tiba saja muncul dan semakin banyak, bisa jadi produk yang digunakan memang tidak sesuai.

2. Kemerahan di Wajah
Salah satu cara mendeteksi wajah tidak cocok dengan kosmetik yaitu adanya kemerahan di wajah. Kulit juga jadi lebih sensitif dan rentan gatal. Bentuknya bisa berkumpul di satu bagian wajah atau menyebar di beberapa bagian. Bila bercak merah di wajah sudah sangat parah cepat dikonsultasikan ke dokter kulit.

3. Wajah Terasa Panas
Jangan abaikan wajah yang terasa panas setelah memaki produk kosmetik. Ini bisa jadi tanda produk yang Anda gunakan tidak bekerja dengan baik di wajah. Rasa panas seperti terbakar termasuk gejala iritasi kulit. Bila tidak segera dihentikan justru membuat iritasi semakin parah dan menimbulkan radang. Sebaiknya hentikan pemakaian dan konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapat perawatan yang tepat.

4. Wajah Terasa Gatal
Bukan tidak mungkin wajah terasa gatal setelah beberapa menit memakai kosmetik. Wajah terasa gatal bisa jadi tanda kulit tidak cocok dengan kosmetik. Rasa gatal memang terdengar ringan tapi bila terus menerus dan digaruk justru membuat trauma kulit dan luka yang membekas.

5. Kulit Wajah Terkelupas
Reaksi ini biasanya terjadi saat eksofoliasi kulit yang terlalu keras sehingga menyebabkan iritasi kulit. Wajah seperti tertarik atau bahkan bisa terlihat seperti berkerut karena dehidrasi. Di beberapa area wajah tampak mengering. Sebaiknya pilih produk yang memiliki butiran halus dan gunakan secara perlahan di wajah.

Sumber: