Bagaimana tanda-tanda ikan Koi yang terkena penyakit White Spot (bintik putih)?

Jika koi berada di dalam air yang kotor, kondisinya menjadi rawan terhadap gangguan penyakit yang disebabkan oleh parasit dan bakteri. Air yang kotor juga menyebabkan koi menjadi gampang stres, akibatnya daya tahan tubuhnya bisa menurun.

Penyakit ini ditandai dengan timbulnya bintik putih pada permukaan sisik ikan koi. Meskipun pada awalnya, bintik putih ini hanya timbul di bagian permukaan, tetapi jika dibiarkan, maka lama kelamaan juga akan menyerang bagian lebih dalam, seperti insang, sirip, dan bagian tubuh lainnya. Biasanya penyakit bintik putih ini menyerang ikan koi yang dipelihari di dalam aquarium.

Kuman penyebab penyakit white spot adalah protuzoa Ichchyophthirius multifilis. Memang tidak terlihat mata, bakteri ini berukuran kecil. Tetapi jika jumlahnya banyak dan berkumpul dalam satu titik, maka kuman ini akan terlihat sebagai bintik-bintik putih. Ukuran protozoa ini begitu kecil, 1 protozoa hanya memiliki diameter 0,7 mm dengan bentuk menyerupai telur. Ikan koi yang terkena penyakit ini tampak seperti terutup bedak putih. Parasit putih ini menyerap lendir ikan koi. Dalam jangka waktu lama, tubuh ikan koi menjadi kurus dan akhirnya bisa mati.

Pengobatan penyakit bintik putih pada ikan koi
Penanganan bintik putih tergolong tidak terlalu sulit. Biasanya pengobatan dilakukan dengan menaikkan suhu air kolam sedikit di atas suhu air kolam biasanya. Lalu menambahkan Metheline blue ke dalam air kolam dengan takaran 0,5 gram per 1 ton air. Ini adalah cara mengatasi bintik putih yang efektif menyembuhkan penyakit dan membunuh parasit white spot.