Bagaimana tanaman hias bisa menjadi daya tarik dalam suatu lanskap?

tanaman hias dapat menambah nilai estetika dalam suatu lanskap, saat tanaman-tanaman tersebut dikelola (sebagai dekorasi dengan tata letak yang baik) maka hal tersebut mampu menjadi daya tarik dari sebuah kawasan itu

1 Like

Sebelumnya, arti lanskap yang dikemukakan oleh Hubbard dan Theodora Kimball dalam Lestari dan Kencana (2008) lanskap berkaitan dengan moralitas, kesehatan, dan kebahagiaan manusia. Mereka jua mengemukakan bahwa seorang arsitektur lanskap sebagai seni memiliki fungsi utama untuk menciptakan dan melestarikan keindahan lingkungan di sekitar tempat hidup manusia.

Karakter-karakter dari tanaman hias sebagai pendukung keelokan taman ataupun sebagai pencipta suasana. Tanaman hias memiliki berbaai macam bentuk, tekstur, warna, aroma, dan ukuran. Dimana saat penempatan dan kombinasinya bagus dalam suatu taman maka hal ini juga mampu untuk menunjukkan atau memamerkan keindahan dari tanaman itu sendiri. Suasana yang dapat diciptakan dari tanaman hias juga bermacam-macam seperti modern, naturalis, nuansa Bali, nuansa Jepan, dsb. Contoh, jika ingin mendapatkan suasana taman dengan nuansa Bali maka memilih tanaman dengan warna dominan tetap hijau tapi denan aksen warna jingga, merah, kuning, atau putih yang biasanya diperoleh dari bunga kembang sepatu atau kamboja. Bunga teratai juga bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan nuansa ini (Lestari dan Kencana, 2008)

Referensi

Lestari, Garsinia., & Kencana, Ira Puspa. (2008). Galeri Tanaman Hias Lanskap. Jakarta: Penebar Swadaya.