Bagaimana tahapan untuk melakukan KJ Method?

Dalam melakukan prioritas pengembangan produk terdapat banyak teknik yang dapat digunakan. Salah satunya yaitu KJ Method. Lalu bagaimana cara untuk melakukan teknik tersebut?

KJ Method merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk menentukan prioritas dalam pengembangan produk. Untuk melakukan teknik tersebut dapat dilakukan dengan beberapa tahapan seperti berikut,

  1. Menentukan Fokus Pertanyaan
    Dalam melakukan KJ Method hanya dapat bekerja dengan satu fokus pertanyaan saja, oleh sebab itu kita perlu menentukan pertanyaan yang paling penting terlebih dahulu. Contoh fokus pertanyaan yaitu seperti “fitur apa yang user butuhkan?”.

  2. Mengatur Kelompok
    Selanjutnya yaitu kita dapat mengajak orang berkumpul selama satu jam. Dibutuhkan orang-orang dari berbagai bagian organisasi, untuk mendapatkan perspektif mereka yang berbeda.

  3. Letakkan Pendapat Dalam Sticky Notes
    Selanjutnya letakkan setiap item dari pendapat atau suatu data ke setiap sticky note untuk dilakukan brainstroming antar grup partisipan.

  4. Letakkan Sticky Notes Pada Dinding
    Setiap partisipan yang terlibat meletakkan sticky notes mereka pada dinding atau papan. Lalu mereka harus membaca dari sticky notes orang lain yang ditempelkan juga. Jika terdapat pendapat baru maka dapat ditempelkan kembali.

  5. Kelompokkan Item yang Sejenis
    Setelah semua orang memiliki kesempatan untuk menambahkan pendapat mereka ke dinding, fasilitator menginstruksikan kelompok untuk mulai berkemlompok di bagian lain ruangan. Perhatikan bahwa mereka belum diizinkan untuk berdiskusi tentang konten tersebut tetapi hanya berkelompok saja.

  6. Beri Nama Untuk Setiap Kelompok
    Dapat menggunakan warna lain dari sticky notes, mintalah setiap peserta untuk memberikan nama untuk setiap grup. Perhatikan juga agar mereka tidak berdiskusi terlebih dahulu.

  7. Lakukan Voting Untuk Kelompok yang Paling Penting
    Selanjutnya setiap peserta secara demokratis akan berbagi pendapat mereka tentang kelompok-kelompok yang paling penting. Hal ini akan terlepas dari paksaan apa pun di antara rekan-rekan atau faktor-faktor seperti jumlah item dalam setiap kelompok. Mereka murni akan menggunakan sudut pandang mereka sendiri untuk memilih kelompok-kelompok yang paling penting untuk menjawab fokus pertanyaan.

  8. Urutkan Kelompok yang Terpenting
    Lakukan ranking dari hasil voting yang telah dilaksanakan. Untuk hasil voting terbanyak maka itu merupakan kelompok yang paling penting.

Referensi

The KJ-Technique: A Group Process for Establishing Priorities — UX Articles by UIE