Bagaimana tahapan atau langkah dalam menyusun anggaran proyek?

proyek

Manajemen proyek adalah usaha pada suatu kegiatan agar tujuan adanya kegiatan tersebut dapat tercapai secara efisien dan efektif. Efektif dalam hal ini adalah dimana hasil penggunaan sumber daya dan kegiatan sesuai dengan sasarannya yang meliputi kualitas, biaya, waktu dan lain-lainnya. Sedangkan efisien diartikan penggunaan sumber daya dan pemilihan sub kegiatan secara tepat yang meliputi jumlah, jenis, saat penggunaan sumber lain dan lain-lain.

Bagaimana tahapan atau langkah dalam menyusun anggaran proyek?

Menurut Ervianto (2002), ada tahap–tahap yang harus dilakukan untuk menyusun rencana anggaran biaya proyek adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pengumpulan data tentang jenis, harga serta kemampuan pasar menyediakan bahan/material konstruksi secara kontinu.

  2. Melakukan pengumpulan data tentang upah pekerja yang berlaku di daerah lokasi proyek dan atau upah pada umumnya jika pekerja didatangkan dari luar daerah lokasi proyek.

  3. Melakukan perhitungan analisis material dan upah dengan menggunakan analisis yang diyakini baik oleh pihak yang membuat anggaran.

  4. Melakukan perhitungan harga satuan pekerjaan dengan memanfaatkan hasil analisa satuan pekerjaan dan daftar kuantitas pekerjaan.

  5. Membuat rekapitulasi.