Bagaimana suka duka menjadi artis atau idol Korea selatan?

Idol atau artis korea selatan sekarang ini sedang benar-benar berada diatas daun. Hallyu yang semakin mendunia menjadikan dunia entertaint korea semakin populer.
image

  1. Jalani tahun-tahun pelatihan yang berat dan panjang
    Merdeka.com - Memang ada bintang K-Pop yang ditemukan pencari bakat. Ada pula yang harus menjalani ajang pencarian bakat terlebih dahulu. Namun keduanya sama-sama masih harus menjalani seleksi ketat dan pelatihan panjang sebelum bisa debut di dunia hiburan.
    Kebanyakan calon bintang menjalani pelatihan di ‘sekolah’ milik agensi selama bertahun-tahun. Kadang bisa lebih dari 5 tahun. Di sana mereka belajar olah vokal, menari, bahasa, keterampilan berkomunikasi di depan publik, hingga keterampilan sebagai presenter.
    Sebagian besar menghabiskan masa remaja dengan menjalani tahun-tahun yang berat sebagai trainee. Ini pun tak menjamin mereka bisa debut, karena tak sedikit trainee yang dilepaskan oleh agensi setelah menjalani masa pelatihan.
    Hal seperti ini dialami oleh Jo Kwon dari 2AM yang nyaris putus asa setelah menjalani pelatihan selama 8 tahun. Begitu juga dengan leader Big Bang, G-Dragon yang menjalani pelatihan selama 5 tahun di SM Entertainment dan 6 tahun lagi di YG Entertainment. Sementara G.Soul baru debut setelah menjalani pelatihan selama 15 tahun.

  2. Latihan dan diet ketat
    Merdeka.com - Sebagai seorang figur publik yang ditonton jutaan orang, para idol K-Pop diharapkan untuk menyuguhkan kesempurnaan. Tentu akan lebih sedap dipandang jika sang idol memiliki tubuh langsing dan paras rupawan.
    Sudah bukan rahasia lagi jika agensi boyband dan girlband bakal memastikan fisik para bintang mereka senantiasa sempurna. Mereka diminta untuk diet ketat agar tetap langsing. Kadang-kadang mereka yang memiliki tipe tubuh gampang gemuk atau dianggap masih terlalu tembam bahkan dilarang menyantap makanan. Hal ini diakui oleh anggota Sistar, Soyou yang pernah menyelundupkan setangkup roti lapis telur bersama rekan-rekan segrup untuk dimakan di kamar mandi.
    TOP Big Bang harus menurunkan puluhan kilogram agar penampilannya layak untuk debut. Sementara mantan trainee SM Entertainment, Stella Kim mengatakan kepada Nextshark kalau dia sempat mengalami gangguan pola makan gara-gara kebiasaan diet ekstrem yang ‘disuntikkan’ ke dalam otaknya saat masih menjalani pelatihan.

  3. Image publik dan kehidupan pribadi dikontrol agensi
    Merdeka.com - Sudah bukan rahasia lagi kalau sejumlah bintang dilarang berpacaran oleh agensi yang menaungi mereka. Mereka yang sudah kadung berpacaran pun kebanyakan memilih untuk menyembunyikan kenyataan tersebut dari publik. Pasalnya tak jarang idol yang lantas menjadi sasaran kebencian dari penggemar yang tak terima dengan fakta kehidupan pribadi mereka. Demi menjaga reputasi dan popularitas sang artis yang jadi tambang emas agensi, larangan berpacaran pun harus diterapkan.
    Peraturan ini diungkapkan secara terbuka oleh girlband senior Wonder Girls. Mereka diminta Park Jin-young, pemilik agensi JYP Entertainment untuk menunggu selama beberapa tahun sebelum memutuskan untuk berpacaran.