Bagaimana suatu kejadian atau peristiwa dapat bernilai sebagai berita ?

jurnalistik

( Aurora Ridha Zetana) #1

Berita

Berita adalah laporan tentang fakta peristiwa dan atau pendapat yang menarik dan atau penting bagi sebagian besar khalayak

Bagaimana suatu kejadian atau peristiwa dapat bernilai sebagai berita ?


(mandala aditya) #2

Tidak semua peristiwa yang terjadi di masyarakat dapat diangkat menjadi sebuah berita. Hanya peristiwa atau kejadian yang mempunyai news value (nilai berita) yang bisa diangkat menjadi sebuah berita. Hal ini disebabkan karena news value mampu memberikan daya tarik terhadap berita sehingga masyarakat tertarik untuk mengikuti pesan yang disampaikan.

Menurut Masduki, suatu kejadian atau peristiwa dapat dijadikan sebagai berita apabila mencakup nilai-nilai sebagai berikut:

  1. Timeliness
    Timeliness yaitu tepat waktu. Artinya memilih berita yang akan disajikan harus sesuai dengan waktu yang dibutuhkan oleh pemirsa, pendengar atau pembaca.

  2. Prominence
    Prominence yaitu suatu kejadian yang dilakukan atau menimpa seseorang yang terkenal atau mengandung nilai keagungan. Misalnya suatu kejadian yang menimpa presiden atau pejabat.

  3. Proximity
    Proximity yaitu kedekatan. Kedekatan di sini maknanya berfariasi, yakni dapat dilihat dari segi geografis maupun emosional. Berita kecil di lokasi terdekat dengan pendengar akan lebih berarti dan ditunggu daripada berita besar tetapi lokasinya jauh dari pendengar atau pemirsa.

  4. Conflict
    Conflict yaitu kejadian yang berhubungan dengan kehidupan. Konflik di sini bisa terjadi antara orang perorang, ataupun kelompok. Misalnya terjadinya perang, ataupun bentrok antara polisi dengan demonstrans.

  5. Human Interest
    Human interest yaitu berita-berita yang menyentuh rasa kemanusiaan seperti masalah pengungsi dan kelaparan. Berita seperti ini sangat bernilai untuk semua orang. Selain menarik simpati, juga menggugah empati seseorang.

  6. Magnitude
    Magnitude di sini diartikan dengan jumlah yang besar. Jumlah korban jiwa atau kerugian yang besar dalam sebuah peristiwa selalu menjadi perhatian masyarakat. Apalagi jika peristiwa tersebut berhubungan dengan masalah ekonomi.

  7. Unique
    Unique yaitu keanehan, keganjilan atau hal-hal yang spektakuler dalam kehidupan manusia, selain memiliki unsur hiburan juga dapat memberikan dorongan prestasi sekaligus penyadaran terhadap dinamika kehidupan pendengar ataupun pemirsa.

Referensi :

  • Jalaludin Rakhmat, Psikologi Komunikasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999).
  • M. Budyatna, Jurnalistik: Teori dan Praktek, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003)…