Bagaimana strategi untuk menanggulangi resiko positif atau peluang?

risiko

Plan Risk Responses adalah proses mengembangkan opsi dan tindakan untuk meningkatkan peluang dan mengurangi ancaman terhadap tujuan proyek. Bagaimana strategi untuk menanggulangi resiko positif atau peluang?

Untuk respon terhadap resiko positif, Tiga dari empat tanggapan disarankan untuk menangani risiko dengan potensi dampak positif pada tujuan proyek. Strategi keempat, terima, dapat digunakan untuk risiko atau ancaman negatif serta risiko atau peluang positif. Strategi-strategi ini adalah mengeksploitasi, berbagi, meningkatkan, dan menerima.

  1. Mengeksploitasi. Strategi mengeksploitasi dapat dipilih untuk risiko dengan dampak positif di mana organisasi ingin memastikan bahwa peluang tersebut direalisasikan

  2. Menambah. Strategi peningkatan digunakan untuk meningkatkan kemungkinan dan / atau dampak positif dari suatu peluang.

  3. Bagikan. Berbagi risiko positif melibatkan mengalokasikan sebagian atau seluruh kepemilikan peluang kepada pihak ketiga yang paling mampu menangkap peluang untuk kepentingan proyek

  4. Menerima. Menerima peluang adalah bersedia mengambil keuntungan dari peluang jika muncul, tetapi tidak secara aktif mengejarnya.

Sumber:
Project Management Body of Knowledge 5th Edition Guide hal 345 - 346