Bagaimana strategi Customer order cycle pada perusahaan besar?

Customer order cycle terjadi pada “perantara” customer-retailer dan termasuk semua proses yang terlibat secara langsung dalam eksekusi pesanan pengguna.

Biasanya, pelanggan yang meng-inisiasi pada siklus ini pada toko dan fungsi utama dari siklus ini adalah pemenuhan kebutuhan pengguna. Interaksi antara Toko (retailer) dengan pelanggan dimulai ketika pelanggan mendatangi atau menghubungi toko dan berakhir ketika pelanggan menerima barang yang diinginkan.

Proses yang terjadi pada customer order cycle antara lain :

  • Customer arrival, dimana pada fase ini, pelanggan datang berkunjung ke sebuah toko atau membuka situs toko online dan melihat-lihat barang yang dijual.

  • Customer order entry, dimana pada fase ini, pelanggan sudah memilih barang yang akan dibeli dan memasukkannya kedalam keranjang belanjaan, baik pada toko offline maupun online. Yang perlu diperhatikan pada fase ini adalah, prosesnya haruslah cepat, akurat dan dapat dikomunikasikan antara toko dan pelanggan.

  • Customer order fulfillment, dimana pada fase ini pelanggan “mendapatkan” barang pesanannya. “Mendapatkan” disini adalah apabila di toko offline, pelanggan dapat langsung mendapatkan barang yang diinginkan pada rak-rak toko, atau ketika tidak ada di rak toko, pegawai toko mengambil barang yang diinginkan tersebut di gudang toko. Pada toko online, pesanan pelanggan sudah diambilkan pada gudang persediaan barang.
    Yang perlu diperhatikan disini adalah toko, baik offline dan online, memastikan bahwa barang yang dipesan oleh pelanggan sesuai dengan yang diinginkan. Permasalahan utama pada fase ini adalah ketersediaan barang di gudang persediaan barang, oleh karena itu, selalu perbarui informasi ketersediaan barang.

  • Customer order receiving, dimana pada fase ini, pelanggan benar-benar telah mendapatkan barang yang sesuai dengan barang yang dipesan sebelumnya.

Mencari Produk dari Pemasok Terbesar di Dunia

Alibaba adalah perusahaan e-commerce terbesar di dunia (lebih besar dibandingkan dengan Amazon dan eBay apabila disatukan) dan juga tempat terluas yang menghubungkan antara penjual (kebanyakan dari Asia) dengan pembeli di seluruh dunia. Alibaba memiliki jutaan produk dari ratusan ribu pemasok.

Memulai pencarian
Sama seperti e-commerce pada umumnya, di Alibaba kita dapat melakukan pencarian barang berdasarkan kategori yang diinginkan. Ada dua pendekatan melakukan pencarian di Alibaba, pertama mencari produk berdasarkan deskripsi, contohnya tas jinjing yang akan memberikan ribuan hasil dari tas jinjng. Pendekatan kedua, dari menu terdapat pilihan menu ingin mencari berdasarkan kategori seperti ‘pemasok’ sehingga akan menampilkan banyak produsen yang menjual produk yang dicari.
Beberapa hal yang diperhatikan ketika akan membeli produk yaitu patokan harga, Minimum Order Quantity (MOQ), dan opsi pembayaran. Pada Alibaba, terdapat lima opsi pembayaran:

  1. Transfer antar bank
    Pemasok akan menerima pembayaran penuh sebelum produk dikirimkan. Metode ini memiliki tingkat risiko tinggi terhadap pelanggan dan tidak terlalu dianjurkan untuk digunakan apabila pemasok tidak diketahui dengan jelas.
  2. Letter of Credit
    Memiliki tingkat risiko yang cukup aman, baik bagi pemasok maupun pembeli. Namun Letter of Credit umumnya direkomendasikan untuk pembelian dalam jumlah yang besar (diatas $20,000)
  3. Western Union
    Memiliki tingkat risiko yang sangat tinggi bagi pembeli. Metode ini hanya digunakan ketika kita sudah mengenal baik dengan pemasok karena tidak ada jalan kembali ketika terjadi suatu kesalahan.
  4. PayPal
    Memiliki tingkat risiko cukup aman, Paypal adalah metode pembayaran yang cukup populer bagi pembeli karena kemudahan penggunaan serta perlindungan pembeli yang cukup baik. Namun dikalangan pemasok, metode ini kurang populer karena biasanya terjadi kesulitan dalam menarik uang, tarif pajak yang tinggi, serta berpotensi kecil biaya akan dikirim dari pembeli yang jujur.
  5. Escrow
    Memiliki tingkat risiko untuk pembeli cukup aman. Uang pembeli akan dipegang oleh pihak ketiga dan hanya dibayarkan kepada pemasok setelah pembeli melakukan konfirmasi kepuasan pembelian akan pesanan mereka. Escrow adlah metode pembayaran yang cukup aman untuk pembeli dan pemasok karena Escrow melindungi pembeli dan pemasok.

Setelah mendapatkan produk yang diinginkan dan memahami metode pembayaran yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah menghubungi pemasok. Ketika pembeli menghubungi pemasok, alat komunikasi yang digunakan adalah email. Karena Alibaba bertaraf internasional, maka tidak heran dalam banyak kasus para pemasok akan menggunakan program penerjemah seperti Google Translate untuk menerjemahkan email pembeli serta menjawabnya. Program penerjemah tidak selalu sempurna dalam mengartikan bahasa sehingga perlu diperhatikan untuk pembeli menjaga pesan singkat, ringkas, dan sebisa mungkin terbebas dari kesalahan pengejaan. Hal ini dapat mempermudah pemasok dalam membalas email pembeli.

Melakukan Negosiasi.
Setelah memulai percakapan antara pembeli dan beberapa pemasok serta telah menemukan harga terbaik dari produk yang dicari, MOQ, dan persyaratan pembayaran, pembeli dapat melakukan negosiasi dengan pemasok. Biasanya mereka akan bernegosiasi mengenai jumlah minimal pemesanan. Setelah bernegosiasi dengan beberapa pemasok, pembeli akan memutuskan pemasok mana yang akan dipilih. Ketika mempertimbangkan pilihan, pembeli ingin untuk mempertimbangkan lebih dari sekedar harga, MOQ, dan jangka waktu pembayaran. Faktor seberapa cepat respon pemasok dalam menjawab pembeli juga akan dijadikan bahan pertimbangan.

Setelah melakukan pembelian, saatnya produk yang dibeli akan dikirim melintasi samudra dalam kontainer kargo. Halaman logistik Alibaba dapat membantu mengirimkan produk menggunakan FedEx atau menggunakan kereta api, tergantung lokasi pembeli. Contohnya, apabila pembeli relatif dekat dengan pelabuhan tujuan, maka pilihan pengiriman yang murah adalah dengan menggunakan layanan angkut truk untuk mengantarkan produk kepada pembeli.

Source: Alibaba 101: How to Safely Source Products from the World’s Biggest Supplier Directory

JD.com merupakan perusahaan yang berasal dari Beijing, Tiongkok. Perusahaan ini yang mulai didirikan oleh Liu Qiangdong pada Juli 1998. Pada tahun 2004 mereka baru menjajal pasar online. Sebelum menjadi JD.com atau bisa disebut Jingdong Mall mereka awalnya memilki sebutan sebagai 360buy. Saat masih beroprasi dengan sebutan 360buy saja, prestasinya sudah sangat begitu positif. Mereka masuk ke dalam sebuah majalah Fortune sebagai Best Employer edisi Tiongkok pada tahun 2011 yakni ‘perusahaan yang paling cocok untuk jadi kerja di Tiongkok”. Pada tahun yang sama pula, dalam versi Ministry of Commerce JD.com juga masuk ke dalam “daftar model perusahaan bisnis elektronik”.

Setelah beberapa tahun berkecimpung atau terlibat dalam bisnis jual beli online maka perusahaan JD.com menjelma menjadi sebuah organisasi atau perusahaan jual beli terbesar kedua setelah menyaingi pesaing yang senegara dengannya yakni Alibaba. Itu berarti JD.com masih memiliki laba yang sangat banyak dan sangat berpeluang dalam mengembangkan usahayan dengan luas dan leluasa. Perusahaan JD.com memiliki banyak mitra dengan perusahaan lain di beberapa negara dan juga terdapat beberapa webiste khusus yang disebar dan digunakan khusus untuk lingkup negara tertentu seperti Hongkong (www.joybuy.com), Indonesia bermitra dengan Provident Capital lalu mendirikan JD.ID (www.jd.id). Dalam menjual produk-produk yang ada di dalam perusahaan JD.com, JD.com bermitra dengan perusahaan-perusahaan terpercaya dengan menjual barang 100% asli untuk mendapatkan kepercayaan customer untuk melakukan pembelian.

Customer Order Cycle of JD.com
Dalam proses Customer Order Cycle pada perusahaan JD.com terdapat beberapa tahapan yang umum kita jumpai pada e-commerce lainnya. Langkah awal saat ingin berbelanja pada perusahaan JD.com yakni kita harus mendaftarkan diri terlebih dahulu pada website mereka dengan melengkapi profil atau data diri dalam website yang telah disediakan oleh JD.com langkah selanjutnya kita harus masuk dengan akun yang telah kita buat sebelumnya pada websitenya.
Saat sudah masuk kedalam akun yang kita buat maka kita memulai pencarian barang atau produk yang kita inginkan, kita bisa lakukan pencarian berdasarka produk, kategori atau mereknya pada bar pencarian yang tersedia pada laman.

Setelah melakukan pencarian dan menemukan barang yang sudah diinginkan maka kita tinggal dan kita memasukkannya kedalam keranjang, maka tahapan selanjutnya adalah kita mengkonfirmasi pemesanan dan mengisi alamat lengkap untuk proses pengiriman nantinya. Setelah semua tahapan sebelunya selesai maka kita haruslah melakukan pembayaran terhadap produk yang ingin kita beli,
untuk setiap pembelian pada perusahaan JD.com yang membeli pada perusahaan yang telah bekerjasama dengan JD.com pada negara tertentu dengan website resmi yang ada di beberapa negara tersebut terdapat beberapa methode pembayaran yang berbeda misal pada website joybuy yang ada di negara hongkong menerima metode pembayaran PayPal, YandexMoney and QIWI sedangkan untuk yang ada dinegara Indonesia menerima COD (Cash on Delivery) atau Bayar Ditempat, dan Online Payment ( Credit Card/debit, transfer bank, clickpay, virtual account, cicilan).
Dalam metode COD, ada beberapa ketentuanya, yakni :
• Lokasi COD dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
• Beberapa produk, karena promo atau keterbatasan pengiriman tidak bisa dilakukan COD.
• Untuk kepastian bisa tidaknya COD silahkan masuk ke halaman pembayaran.
• Hanya berlaku untuk transaksi dengan nilai dibawah Rp100juta untuk tunai atau Rp200juta menggunakan Kartu Debit/Credit.
• Ketentuan diatas juga berlaku secara akumulasi dari transaksi yang dilakukan dalam satu hari dengan pesanan yang berbeda.

Setelah kita tentukan methode pembayarannya (Jika Online Payment) dan sudah mentransfer biayanya maka kita tinggal duduk manis menunggu barang kiriman yang diinginkan datang ke tangan kita dengan selamat.

Sumber :


https://www.joybuy.com/help/question-16.html
https://www.jd.id/help/question-4.html

Lazada adalah pusat belanja online di Asia Tenggara yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga. Grup LAZADA International di Asia Tenggara terdiri dari LAZADA Indonesia, LAZADA Malaysia, LAZADA Vietnam, LAZADA Thailand, LAZADA Filipina. Ada 3 langkah yang merupakan strategi customer order lifecycle, yang dilakukan lazada yaitu sebagai berikut :

SHOP

  1. Temukan Barang
    Seperti e-commerce pada umumnya, customer harus membuat akun terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Saat customer mengunjungi website lazada, ada 2 pilihan untuk mencari barang yang diinginkan. Pertama, melalui Search Box dengan memasukkan kata kunci. Kedua melalui Category menu disebelah kiri, kemudian memilih sub category barang yang akan dicari.

  2. Pilih Produk
    Akan terlihat produk yang sesuai dengan kategori yang dipilih kemudian klik pada produk yang diinginkan

  3. Periksa Informasi Produk
    Periksa detail produk yang ditampikan, ketersediaan produk dan estimasi waktu pengiriman.
    Selanjutkan klik Add To Cart untuk menambahkan ke keranjang Belanja.

  4. Konfirmasi Cart
    Periksa rincian pada keranjang belanja Anda. Kemudian tentukan jumlah produk. Klik Checkout untuk melanjutkan ke Pembayaran.

CHECKOUT

  1. Memberikan Informasi Pengiriman
    Setelah melakukan check out, maka hal yang harus dilakukan berikutnya adalah memberikan informasi terkait pengiriman barang. Informasi ini meliputi nama penerima, nomor yang bisa dihubungi, nama provinsi, nama kota, nama kecamatan, alamat penerima.
    Jika sudah mengisi form alamat penerima, anda dapat mengecek biaya ongkos kirim yang harus anda bayar di panel “Biaya Pengiriman”.

  2. Memilih Metode Pembayaran
    Pada tahap ini, anda harus memilih bagaimana cara anda membayar pesanan anda. Lazada memberikan beberapa metode pembayaran, diantaranya bayar di tempat, kartu kredit, transfer antar bank, dan lain-lain tergantung region dimana Anda mengakses Lazada
    Jika anda memiliki kode voucher Lazada, maka anda dapat menggunakannya pada tahap ini untuk mendapat potongan harga atau sebagai alat ganti pembayaran.

SUBMIT

  1. Konfirmasi Pesanan
    Anda dapat melihat ringkasan pesanan dan informasi pengiriman pesanan anda. Jika dirasa sudah sesuai dengan keinginan anda, maka hal yang harus anda lakukan adalah melakukan konfirmasi pesanan anda.

  2. Pembayaran
    Anda akan diperintahkan untuk membayar sesuai dengan metode pembayaran yang ditentukan. Jika dalam 24 jam Anda tidak melakukan pembayaran, maka orderan Anda akan dibatalkan

  3. Menerima Konfirmasi Pembayaran
    Setelah anda melakukan pembayaran, Lazada akan memberikan notifikasi mengenai kode pesanan anda. Catatlah kode pesanan tersebut untuk melacak pesanan.

  4. Proses Pengiriman
    Lazada akan mengirim pesanan Anda. Anda bisa melacak pesanan pada menu TRACK MY ORDER

Process of selling product of Lazada

Setelah customer menkonfirmasi pesanan, selanjutnya penjual harus melakukan proses pengemasan barang. Ada beberapa proses yang dilakukan seller Lazada yaitu:

  1. Customer telah mengkonfirmasi pembayaran
  2. Selanjutnya Pemesanan akan masuk ke Seller Center. Periksa menu Orders Manage. Penjual harus
    mengubah status order menjadi Ready to ship dalam 24 jam.
  3. Penjual harus mengemas barang pastikan semua kelengkapan informasi dicantumkan pada barang.
  4. Penjual mengirimkan barang sesuai dengan kurir yang telah ditentukan.
  5. Jika pesanan sudah sampai, kurir dan customer menkorfimasi pesanan yang telah dikirim kemudian status berubah menjadi Delivered

PERUSAHAAN PERANGKAT KOMPUTER YANG MENERAPKAN SISTEM JUST-IN-TIME

Dell merupakan suatu perusahaan yang didirikan di Amerika Serikat yang memasarkan perangkat komputer. Tidak hanya memasarkan komputer pribadi, Dell juga menjual server, alat penyimpanan data, switch jaringan, dan kluster komputer untuk perusahaan. Perusahaan ini bertujuan untuk menjual komputer-komputer yang dirakit dari komponen yang telah disediakan, untuk langsung berkomunikasi dengan konsumen, sehingga dapat membantu PC’s Limited lebih memahami kebutuhan konsumen dan mampu memberikan solusi efektif atas kebutuhan tersebut.

Dalam tahap customer order cycle, sama seperti e-commerce pada umunya, dell memanfaatkan internet sebagai sarana untuk memasarkan apa yang dihasilkan. sistem yang mereka punya menghubungkan perusahaan-vendor-dan customer secara langsung, sehingga customer dapat melakukan pembelian melalui sistem yang diediakan perusahaan, dan mengkustomisasi produk yang diinginkan. strategi ini memang andalan perusahaan dell supaya bisa memahami apa yang dibutuhkan konsumen dan sebagai strategi penghematan produksi dan promosi karena dell memotong rantai suplai mereka dengan retailer dan distributor. beberapa tahap order cycle dari dell adalah :

  1. Pick the item you want, di sini Dell menciptakan halaman web individu untuk pelanggan yang dapat diakses dengan password melalui situs internetnya. Customer memilih produk yang diinginkan yang telah disediakan dalam suatu sistem beserta deskripsi produknya

  2. customise it to your preference/affordability, customer dapat melakukan upgrade fitur dari item yang telah dipilih, misalnya upgrade ram, monitor, keyboard, dan sebagainya. setelah melakukan request upgrade, perusahaan langsung memenuhi permintaan customer, sehingga di sinilah metode just-in-time diterapkan.
    Dalam pemenuhan pesanan, Dell menyediakan custom-made barang jadi, di mana pelanggan memutuskan pilihan yang dikendalikan oleh produsen komputer. Adapun beberapa keuntungan yang melekat untuk menyediakan produk custom-made langsung ke pengguna akhir adalah pertama, perusahaan menghilangkan kebutuhan untuk menjual melalui distributor dan pengecer, sehingga mengurangi markup dan menghilangkan tengkulak. Kedua, menyediakan barang jadi custom-made memberikan perusahaan keuntungan lebih dari pesaing dalam hal kemampuannya untuk menyediakan produk nilai tambah dan layanan, salah satu yang unik pelanggan dan jarang terjadi di kompetitor lain. Pelanggan dapat berhubungan langsung dengan teknisi layanan perusahaan dan pusat dukungan pelanggan.

  3. choose payment method, dell memberikan beberapa opsi pembayaran yaitu credit card dan wire transfer. credit card seperti visa, mastercard, dan american express credit card. jika memilih wire transfer, informasi mengenai wire transfer akan dikirim melalui email setelah customer menyelesaikan order onlinenya. wire atau deposit diperlukan dalam waktu 48 jam sejak diterimanya nomor pesanan akhir untuk menghindari pembatalan pesanan tanpa pemberitahuan lebih lanjut.

Untuk distribusi, dell menggunakan proses menjual produk kepada pelanggan secara offline melalui internet atau telepon. Untuk pengiriman produk kepada pelanggan dell menggunakan DHL dan FedEx.

source :

  1. http://www.driveyoursuccess.com/2012/08/dell-push-pull-an-order-fulfillment-and-supply-chain-strategy.html
  2. https://www.ukessays.com/essays/business/dell-computer-corporation-business-essay.php
  3. http://www.manufacturingnews.com/news/98/0703/art1.html
  4. http://www1.la.dell.com/content/topics/reftopic.aspx/gen/payment?c=pr&l=en&cs=prdhs1

Apa itu Aliexpress?
Saya yakin Anda pernah mendengar tentang eBay dan Amazon, dan Anda mungkin juga pernah mendengar tentang Alibaba, tapi apakah Aliexpress?
Pengguna Internet terus meningkat lebih dan lebih banyak konsumen berbelanja online untuk produk-produk baru dan harga yang lebih baik. Hal ini telah menyebabkan peningkatan e-commerce internasional seperti orang-orang yang melihat melampaui perbatasan negara mereka sendiri untuk tawar-menawar.
Dengan peran Cina sebagai “pabrik dunia”, website Aliexpress di bangun untuk membantu konsumen membeli langsung dari sumber dengan harga yang sangat menarik.

Sejarah singkat

AliExpress diluncurkan oleh Alibaba Group pada tahun 2010 sebagai B2C platform untuk perusahaan-perusahaan Cina yang ingin menjual barang mereka kepada orang asing(luar Cina).
Alibaba Group berbasis di Hangzhou adalah sebuah perusahaan e-commerce Cina terbesar yang mendominasi pasar B2C domestik mereka dengan korban seperti Taobao dan Tmall. Sudah sangat terkenal untuk platform B2B internasional mereka Alibaba.com, yang akhirnya mencapai pengakuan di seluruh dunia ketika mereka meluncurkan pernah IPO terbesar di New York di September 2014.

Bagaimana cara kerjanya?

AliExpress adalah sebuah platform ecommerce B2C yang memungkinkan individu Cina dan perusahaan untuk menjual produk mereka langsung ke konsumen mancanegara.
Mirip dengan eBay, Penjual Aliexpress dapat berupa perusahaan atau individu. AliExpress berbeda dengan Amazon karena bertindak hanya sebagai platform ecommerce dan tidak menjual produk langsung ke konsumen.
Menariknya, Aliexpress tidak memungkinkan konsumen di daratan Cina untuk membeli dari platform dan tidak memungkinkan individu non-Cina & perusahaan untuk membuka toko.

Yang menjual pada Aliexpress dan bagaimana?

Penjual Aliexpress adalah semua orang yang tinggal di Cina dan setiap tokonya akan mengeluarkan nomor unik pada Aliexpress.
Tidak seperti situs B2B Alibaba.com, ada sangat terbatas informasi tersedia tentang toko dan bagaimana mereka telah diverifikasi.
AliExpress namun telah menerapkan sistem rating toko yang mereka menjelaskan di sini.
Layanan pelanggan tidak fokus pada Aliexpress dan konsumen yang digunakan untuk no-questions-asked pengembalian dana penuh dan permintaan maaf yang sederhana mungkin perlu menyesuaikan harapan mereka. Hal ini sangat banyak kasus pembeli berhati-hatilah.
AliExpress mendesak para pelanggan untuk membuat pembayaran kepada Penjual melalui platform mereka sehingga mereka dapat menawarkan tingkat perlindungan konsumen. AliExpress menawarkan tips untuk menghindari penipuan di situs web mereka di sini.

Apa yang harus dibeli? Apakah Aliexpress yang terbaik?

Anda dapat memeriksa penjualan produk di Halaman ini dari situs terbaik Aliexpress’. Pakaian, aksesoris dan elektronik yang biasanya barang-barang paling laris.
Dengan begitu banyak produk yang diproduksi di Cina, pilihan produk hampir tak ada habisnya. Seperti yang Anda harapkan di B2C platform, konsumen produk membuat sebagian besar item.

Di mana Aliexpress populer?

AliExpress ini saat ini tersedia dalam bahasa Inggris, Portugis, Spanyol, dan Rusia.
Seperti ini menunjukkan, Aliexpress sangat populer di Brazil dan Rusia. Data dilihat pada Alexa.com menunjukkan bahwa pada Desember tahun 2014, Aliexpress adalah 10 situs terpopuler di Brazil dan Brazil menyumbang lebih banyak lalu lintas ke situs web ini dibandingkan dengan negara lain.
Menurut data dari Juli 2014, Aliexpress telah menjadi situs e-commerce terkemuka di Rusia dalam hal lalu lintas, dan negara kesepuluh paling populer situs keseluruhan.

Kesimpulan

Lain kali jika Anda mendengar seseorang bertanya “Apa itu Aliexpress?”, Anda dapat menjelaskan:
AliExpress adalah platform e-commerce untuk Cina individu dan perusahaan dalam menjual produk mereka kepada kosumen luar negeri; Hal ini sangat populer di Brazil dan Rusia

Cara membuat order ke Aliexpress :

  1. Masukan nama barang yang ingin di cari pada kotak pencarian.
  2. Klik foto produk atau judul produk yang diinginkan.
  3. Kemudian masukan jumlah barang yang ingin dibeli.
  4. Pilih perusahaan pengiriman yang diinginkan.
  5. Kemudian klik Buy Now untuk memasukkan order.
  6. Tampilan website akan segera berubah ke bentuk informasi pengiriman.
  7. Verifikasi alamat yang telah kamu masukan atau menginputkan alamat yang baru.
  8. Verifikasi kembali barang yang akan dibeli berserta perusahaan pengiriman yang digunakan.
  9. Setelah semua selesai, klik Place Order setelah memenuhi semua persyaratan.
  10. Pada halaman check out, pilih kartu kredit yang ingin anda gunakan dan menyelesaikan rincian yang dibutuhkan.
    Sebagai sebuah perusahaan e-commerce dibawah naugan Alibaba.com, Aliexpress menawarkan kemudahan pembayaran bagi warga Indonesia yang tidak memiliki kartu kredit, yaitu melalui transfer ke ATM bersama di Indonesia, mbanking, Doku wallet, serta melalui mini market seperti alfamart, alfamidi, dll.
  11. Setelah memilih cara pembayaran, selanjutnya adalah meng-klik Pay My Order. Pembayaran akan langsung diamankan melalui Escrow dan hanya dibayarkan kepada suplier setelah anda mengkonfirmasikan penerimaan barang memuaskan dan sesuai pesanan.
  12. Setelah pembayaran telah dilakukan. Klik Back to Order untuk melihat detail pesanan.
  13. Sebagai pembeli, kita akan diberikan semacam countdown. Countdown di sini berguna untuk mengingatkan pada supplier waktu maksimal dia membungkus barang dan mengirimkannya (5-6 hari). Selama masa itu, pembeli bisa melakukan pertanyaan seputar transaksi kepada penjual.
  14. Setelah supplier mengirim barang, makan pembeli bisa menunggu. Biasanya di Indonesia ada layanan pengiriman gratis, dengan proses 14-30 hari pengiriman.
  15. Supplier akan memberikan nomor resi. Pembeli dapat dengan mudah men-track nomor resi yang telah diberikan kepada supplier.
  16. Setelah barang sampai, diharapkan memeriksa barang lebih dahulu, apakah ada kecatatan atau tidak.
  17. Barang sesuai dengan keinginan, maka konsumen wajib mengabari penjual dengan mengklik Confirm Order Received.
  18. Terakhir, jangan lupa untuk meninggalkan feedback pada supplier. Seperti memberikan komentar pada barang ataupun pelayanan yang supplier berikan.

Menurut pengalaman saya pribadi yang pernah berbelanja di sini, Aliexpress sendiri memiliki tata cara yang sama dalam melakukan order hingga pembayaran seperti Bukalapak, tokopedia, dll. Hanya saja, perbedaannya di sini adalah seluruh supplier Aliexpress sendiri berasal dari Hangzhou, China. Aliexpress sendiri berani menawarkan free ongkir untuk hampir seluruh produknya yang dikirim ke Indonesia. Bukan hanya itu saja, Aliexpress sendiri juga menyediakan sebuah program yang bernama protect payment. Program ini bertujuan, jika sampai 30 hari barang belum sampai ke tangan pembeli, makan otomatis uang pembeli akan kembali di transferkan kepada konsumen. Program ini juga bisa diperpanjang hingga 60 hari lamanya. Bukan hanya itu saja kesukaan saya berbelanja di sini, banyaknya diskon yang diberikan serta banyaknya pemilihan pembayaran yang diberikan menandakan bahwa Aliexpress sendiri ingin juga mengusai pasar Indonesia dengan memberikan begitu banyaknya kemudahan cara berbelanja.

Source :

Apa itu Aliexpress
How To Order (Aliexpress)

####Background
Amazon.com adalah sebuah perusahaan perdagangan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Selama dua dekade terakhir, Amazon.com telah melayani pelanggan di seluruh dunia. Amazon.com didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1995. Visi Amazon adalah untuk membangun tempat belanja virtual bagi pecinta buku. Amazon.com merupakan toko buku online terbesar di dunia. Amazon mempunyai situs web populer yaitu, www.amazon.com namun sekarang pelanggan dapat mengakses melalui aplikasi mobile di smartphone masing-masing.

####Proses Transaksi Sistem
Setiap pelanggan yang ingin membeli produk di Amazon.com harus memiliki profil untuk memesan salah produk yang ditawarkan. Amazon menawarkan banyak fitur untuk menyesuaikan profil mereka dengan tools yang terdapat di web seperti shopping cart dan wish list.

  1. 1-klik pembelian
    Amazon menawarkan 1 kali klik pemesanan barang, kita dapat dengan mudah menggunakan kartu kredit untuk transaksi, menggunakan email untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan pengiriman langsung ke seluruh dunia. Pelanggan dengan fungsionalitas yang sebelumnya diaktifkan dapat memesan item dengan mengetik satu tombol tanpa harus melakukan pengisian form karena server secara otomatis memberikan informasi pelanggan, karena informasi pelanggan telah tersimpan ketika pelanggan tersebut mendaftar ke Amazon.com… (Laporan Tahunan 1998)

  2. Aman dalam pembayaran kredit / kartu debit
    Untuk keamanan transaksi amazon.com digunakan keamanan software server. Informasi personal pelanggan, nomor kartu kredit dan semuanya di enkripsi untuk menjaga keamanannya. Untuk transaksi yang aman. amazon.com menggunakan kemanan perangkat lunak server.

  3. Rekomendasi Sistem:
    Amazon mengembangkan sistem rekomendasi cerdas yang merekomendasikan item dengan pembelian masa lalu pelanggan dan pencarian data produk. Sistem ini menyimpan setiap order yang dilakukan oleh pelanggan. Misalnya jika seorang pelanggan membeli buku fiksi maka sistem recommender akan merekomendasikan buku terkait kepada pelanggan. Sistem ini pada dasarnya didasarkan pada “linking” dan “Data mining”.Setiap gerakan atau pencarian query melihat dan melacak untuk memberikan rekomendasi yang terbaik. Hal ini meningkatkan pengalaman browsing pelanggan karena dapat bertindak sebagai sebuah platform yang interaktif antara situs dan pelanggan yang membuat peningkatan kepuasan pelanggan.

  4. Interaktif pencarian Sistem:
    Amazon menyediakan pilihan pencarian interaktif untuk pelanggan. Pelanggan dapat memilih produk pada katalog untuk mencari item yang diinginkan. (Laporan Tahunan 1998)

  5. Supply Chain Management (SCM)
    Untuk kesuksesan yang besar “Supply Chain System” memainkan peran yang besar. Pada tahun 2000 Amazon.com membangun gudang otomatis dan membangun rantai pasokan otomatis. (Jenkinson 2005, bisnis mingguan 2003) Semua kegiatan rantai pasokan dikendalikan oleh sistem CRM. (Gabe 2010)

  6. Enterprise Resource Management (ERP System):
    ERP yang digunakan oleh Amazon adalah oracle. Oracle memiliki database yang besar yang dapat menyimpan informasi yang terkait dengan pelanggan. Pelanggan dapat memesan secara otomatis dan akan secara otomatis menemukan pusat distribusi terdekat untuk pengiriman. (Bacheldor, 2004) Sistem ini melakukan proses pemenuhan pesanan dengan pelacakan pesanan dan mengurangi setiap kesalahan distribusi. Dengan sistem ini perusahaan mengurangi 50% dari kontak layanan pelanggan. Sejak tahun 1999 karena kesalahan lebih sedikit. (BusinessWeek, 2003)

  7. . Customer Relation Management (CRM):
    Dalam rangka untuk mendapatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas pengguna Amazon.com menggunakan Customer Relationship. CRM bertugas untuk mengumpulkan informasi dari pelanggan. Semyua informasi pribadi dari pelanggan, catatan kartu kredit, catatan transaksi, sejarah pembelian masa lalu akan dikumpulkan dalam database. Sistem order diproes dengan metode transaksi yang aman dan memberikan instruksi ke sistem pengiriman untuk pelaksanaan pengiriman. Melalui umpan balik pelanggan, minat pelanggan dan daftar keinginan pelanggan akan disimpan dalam web page sebagai informasi.

Sumber : researchgate

Strategy customer order apple

Singkatnya, Apple membeli komponen dan bahan dari berbagai pemasok, kemudian akan mereka kirim ke pabrik perakitan di Cina. Dari sana, produk yang dikirim langsung ke konsumen (melalui UPS / Fedex) yang dibeli dari Apple Online Store.

Untuk saluran distribusi lain seperti toko ritel dan distributor lain, Apple terus memproduksi di Elk Grove, California (di mana gudang pusat dan call center yang terletak) dan produk kapal dari sana. pelanggan dapat mengirim produk kembali ke terdekat Toko Apple atau fasilitas daur ulang khusus.

berikut alur order yang saya temukan di web apple

On the Your Orders page, an order status message displays above each of your items. These messages include:

  • We’ve Received your Order - We will begin processing your order soon. You may be able to edit your order details once the order enters the Processing Items status.
  • Processing Items - We’re processing your order right now. You may be able to edit your order details through online Order Status, or by contacting Apple Customer Service.
  • Preparing for Shipment - We’re currently preparing your order and, as a result, are unable to modify it at this point. If an item is shipped directly to you, we’ll send you a Shipment Notification email. If an item is shipped to an Apple Store, we’ll send you a Pickup Notification email when it’s ready to pick up.
  • Shipped - Your item has shipped. Your carrier tracking number will be updated in online Order Status and the carrier’s website within 24 hours.
  • Shipping to Store - Your item(s) have shipped and are on their way to your Apple Store. We’ll send a Pickup Notification email to you when it’s ready for pickup. Please wait for the Pickup Notification email before arriving at the Apple Store.
  • Ready for Pickup - Your item is ready at the Apple Store. Remember to bring with you the card you used for payment, or the order number and a valid photo ID.
  • Picked up - Your item has been picked up from the Apple Store.

Desain brilian ditambah sangat nama merek besar juga dengan inovasi terkemuka dalam teknologi, strategi Apel saat ini adalah push strategi. Pada saat baru rilis produk, pelanggan harus mengantri bahkanmalam sebelumnya untuk memiliki produk di tangan mereka awal. Mereka bahkan lebih sukses dari normal karena mereka tidak harus membangun gudang yang sangat besar. Beberapa hal yang mereka butuhkan untuk merawat adalah inovasi teknologi dan mengurangi biaya produk untuk membuat lebih banyak keuntungan.