Bagaimana spesifikasi kandang kucing yang bagus ?

Kucing

Bagaimana spesifikasi kandang kucing yang bagus ?

Bahan kandang

Hal yang pertama di perlukan untuk memilih kandang kucing yang baik dan aman adalah bahannya. Karena bahan di dalam kandang kucing sangatlah berpengaruh bagi kesehatan kucing dan kenyamanan kucing tersebut.

Selain dari itu adalah jangan sampai ada benda berbahaya seperti paku yang mencuat ataupun kawat yang tajam. Oleh karena itu kamu harus perhatikan sudut sudut kandang tersebut. sebaiknya cari kandang kucing yang menggunakan bahan tidak berbahaya bagi kucing, seperti bahan alumunium ataupun lainnya.

Fungsi pada kandang alumunium adalah selain kandang tersebut tidak mudah untuk berkarat tapi akan juga memudahkan kita untuk membersihkannya. Terlebih juga akan membuat umur kandang kucing kita menjadi lebih tahan lama.

Alas kandang yang nyaman

Untuk alas kandang yang nyaman untuk kucing, bagusnya mempunyai ukuran celah yang lebih sempit dan lebar pada bentuknya. Agar ketika kucing kamu berjalan di dalam kandang tidak terjepit di celah-celahnya.

Selain dari itu dalam memilih bahan yang bagus untuk alas kandang kucing, juga sangat diperlukan dalam kenyamanan dan keamanan kucing kamu. Maka pilihlah alas kandang yang terbuat dari pelastik, supaya alas tersebut dapat lebih mudah di bersihkan dan tidak gampang karatan.

Ukuran harus di sesuaikan dengan berat badan

Umumnya banyak kandang kucing yang di jual di toko hewan dengan berbagai ukuran. Oleh karena itu sebelum kamu membeli kandang tersebut, sebaiknya kamu harus sesuaikan ukuran dan berat badan kucingnya terlebih dahulu.

Ketika melakukan pengukuran pada kandang kucing, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghitung berat badan dan panjang kucing tersebut.

Jika hal itu sudah di lakukan, maka sesuaikan dengan ukuran yang kamu inginkan untuk menentukan luas kandangnya dengan baik. Biasanya semakin besar kandangnya maka akan semakin bagus untuk kucing bergerak bebas demi kenyamanannya.

Jenis kandang

Umumnya terdapat beberapa kandang kucing yang perlu diperhatikan. Karena setiap kandang kucing pastinya akan memiliki fungsi serta tujuan yang berbeda-beda. Di antaranya ada kandang yang diperlukan untuk keseharian di dalam rumah (kandang untuk kucing peliharaan) dan ada juga kandang yang bertujuan untuk mengembangbiakan secara jumlah besar (ternak). Oleh karena itu berikut ini adalah jenis-jenis kandang kucing serta spesifikasinya secara komplit.

Kandang untuk ternak (breed)

Kandang kucing untuk hewan ternak umumnya dibuat sedemikian rupa dengan menyesuaikan kebutuhan para breedernya. Sebaiknya untuk para breeder rencanakan terlebih dahulu untuk menentukan jumlah maksimal yang akan anda tentukan.

Untuk ruangan ideal pada peternakan sebaiknya memiliki luas ukuran 6×6 = 36 m2. Selain itu tata ruang yang baik adalah terpisah untuk setiap ruangan, karena akan berfungsi mencegah kontaminasi penyakit apabila seekor kucing terserang virus atau juga bakteri yang berbahaya.

Menurut standart CFA dalam ukuran ruangan pada kandang yang dikhususkan untuk berternak kucing memiliki ukuran 4×6 m2, dengan jumlah kucing sebanyak 12 ekor pada maksimalnya.

Di tambah lagi dengan standart ruangan yang harus memiliki ventilasi udara yang baik, untuk temperatur ruangan usahakan sekitar 20- 25 derajat celcius.

Selain dari itu yang perlu di perhatikan lagi adalah jangan menggabungkan kucing jantan dewasa dalam satu ruangan, karena biasanya jika kucing jantan digabungkan dalam satu ruangan, maka akan menyebabkan perkelahian antara beberapa ekor kucing jantan dewasa.

Kandang untuk harian

Apabila kamu hanya memelihara kucing sebagai hewan peliharaan (pet) yang jumlahnya maksimal 2 ekor, kamu tidak perlu memerlukan kandang yang luasnya seperti kandang kucing ternak yang saya jelaskan sebelumnya.

Pada ukuran standart kandang kucing rumahan yang baik adalah 150 cm x 80 cm. Umumnya di dalam kandang harus di sediakan tempat minum, tempat makan, dan tempat tidur untuk kucing.

Sumber : http://okdogi.com/2016/02/spesifikasi-kandang-kucing-yang-bagus/

1. Kandang Kucing Untuk Keseharian

Jika Anda memiliki peliharaan kucing di rumah, maka akan lebih baik jika diberi kandang. Karena tujuan utama dari kandang kucing adalah sebagai tempat tinggal kucing agar si kucing merasa nyaman, apalagi saat pemiliknya sedang tidak berada di rumah. Fungsi lainnya adalah untuk tempat yang aman dari gangguan predator lain serta untuk menjaga kesehatannya juga.

Jika Anda hanya mempunyai beberapa ekor kucing saja, maka Anda tidak perlu mempunyai kandang kucing yang besar dan luas. Ukuran standar kandang kucing untuk peliharaan di rumah adalah 150 cm x 80 cm. Dan di dalam kandang umumnya juga harus ada tempat tidur, tempat makan dan tempat minum kucing.

2. Kandang Kucing Untuk Ternak (Breed)

Berbeda dengan kandang kucing untuk keseharian, kandang kucing untuk ternak harus mempunyai ukuran yang luas dan besar. Selain itu kandang kucing untuk ternak umumnya dibuat dengan sedemikian rupa yang menyesuaikan para peternak kucingnya. Lebih baik lagi jika para peternak kucing merencanakan jumlah maksimal dari kucing yang akan diternak.

Berdasarkan standar CFA, maka ukuran ruangan pada kandang yang digunakan untuk beternak kucing adalah 4×6 m2, dengan jumlah kucing maksimal sebanyak 12 ekor. Ruangan ideal pada peternakan sebaiknya memiliki luas sebesar 6×6=36 m2.

Untuk tata ruang yang baik pada kandang adalah harus terpisah untuk setiap ruangan, hal ini bertujuan agar tidak terjadi kontaminasi saat seekor kucing terserang bakteri atau virus yang berbahaya. Ruangan untuk peternakan juga harus mempunyai ventilasi udara yang baik yaitu sekitar 20-25 derajat C.