Bagaimana solusi menata rambut oleh para ahli ?

Setiap jenis rambut memiliki tantangan tersendiri untuk menatanya, mulai dari rambut tipis, rambut tebal atau mengembang, rambut kaku hingga rambut frizzy.

Bagaimana solusi menata rambut oleh para ahli ?

image

1. RAMBUT TIPIS

Untuk pemilik jenis rambut ini, tantangan utamanya adalah membuat volume agar rambut terlihat lebih tebal.

POTONGAN RAMBUT: Potongan bob dengan poni atau potongan rambut berlayer di bagian atas cocok untuk menciptakan volume sehingga rambut terlihat lebih mengembang. Namun, hati-hati dan perhatikan letak layer agar rambut tidak terlihat semakin tipis. Potongan rambut di atas pundak juga bisa Anda coba agar semua helai rambut Anda terlihat lebih bervolume.

HAIR REGIMEN: Perawatan paling dasar yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan volumizing shampoo dan kondisioner yang bertekstur ringan. Namun, kalau rambut Anda tipis karena rontok, sebaiknya pilih produk perawatan yang diformulasikan spesifik untuk mengatasi kerontokan. Selain itu, tambahkan pemakaian vitamin rambut tanpa kandungan silikon, lalu jangan lupa juga untuk rutin menggunakan hair mask, serum, atau hair tonic.

TIPS MENATA RAMBUT: Untuk tampilan sehari-hari, Anda bisa mencoba gaya rambut wavy atau head bun dengan alat bantu ‘hair donut’ agar tampak lebih berisi. Untuk mendapatkan rambut wavy, ambil bagian rambut, lalu catok dari tengah dan pelintir ke arah arah wajah. Pilih alat catok dengan plat ceramic karena bisa menghantarkan panas secara merata. Selain itu, pilih yang memiliki pengatur suhu untuk mengurangi resiko rambut rusak. Selesai mencatok, sisir rambut menggunakan jari tangan agar hasilnya lebih natural. Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan roll rambut di malam hari dan biarkan hingga esok hari. Lepas dan tata rambut dengan sisir atau jari di pagi harinya.

2. RAMBUT KERITING DAN FRIZZY

Jenis rambut ini biasanya cenderung kering dan kaku sehingga lebih sulit diatur dibandingkan jenis rambut lainnya.

POTONGAN RAMBUT: Potongan rambut panjang dan pendek tetap bisa diaplikasikan pada jenis rambut ini. Namun, jika Anda memutuskan untuk memiliki rambut panjang, hindari mengikat rambut saat tidur agar bentuknya lebih mudah ditata di pagi hari. Jenis rambut ini juga kurang cocok menggunakan poni karena mengembang. Namun, jika Anda ingin mencoba gaya rambut poni, pastikan Anda rajin menatanya menggunakan alat catok.

HAIR REGIMEN: Gunakan sisir berbahan karbon anti statis untuk menghindari rambut kusut dan frizzy. Pakai masker rambut seminggu dua kali secara rutin dan pilih kondisioner yang kaya akan kandungan pelembap seperti jojoba, vitamin E. Hindari menggosok rambut menggunakan handuk selesai keramas.

TIPS MENATA RAMBUT: Untuk tampilan rambut sehari-hari, Anda bisa coba mengepang bagian depan rambut dan lanjutkan hingga ke belakang agar terlihat playful. Jika ingin mendapatkan gaya rambut lurus, pilih alat catok yang mengandung ion sehingga dapat melindungi rambut agar tidak semakin kering dan rusak.

3. RAMBUT TEBAL

Walaupun rambut tebal sudah memiliki volume, namun tetap ada beberapa hal yang diperhatikan untuk perawatan dan tatanan rambutnya supaya penampilan Anda maksimal.

POTONGAN RAMBUT: Jika Anda memiliki rambut panjang, coba potongan rambut berlayer untuk menciptakan dimensi pada rambut tebal. Namun, jika Anda ingin model rambut pendek, sebaiknya hindari menggunakan layer karena akan tampak semakin mengembang. Selain itu bagi Anda yang ingin potongan rambut medium-length, poni blunt cut bisa jadi pilihan yang trendi.

HAIR REGIMEN: Pilih sampo dengan kandungan sulfat rendah sehingga rambut tidak mudah kusut dan kering. Lengkapi juga perawatan yang dilakukan dengan memakai kondisioner dan vitamin agar rambut tetap kuat.

TIPS MENATA RAMBUT: Hindari menata rambut dengan gelombang besar dari pangkal rambut karena akan membuat tampilan rambut semakin tebal. Anda bisa merapikan dan menyempurnakan rambut tebal Anda dengan alat catok lurus yang memiliki plat lebar (kurang lebih 35mm ke atas) dengan suhu 200 derajat. Atau, jika ingin tampil beda dengan gaya rambut berombak, ciptakan ombak hanya di bagian bawah rambut yang berlayer menggunakan alat catok bulat ukuran besar. Rambut pun terlihat lebih natural.

Sumber: