Bagaimana sistem pencernaan pada ikan hiu ?

Seperti kita ketahui bahwa ikan hiu merupakan ikan yang sangat besar. Ikan Hiu merupakan ikan suka memangsa sembarangan makanan sehingga sering ditemukan hal-hal yang asing dalam tubuh ikan hiu seperti misalnya besi bekas, peluru, perabot rumah tangga dan berbagai hal lainya.

Pencernaan Ikan Hiu tentunya dimulai dari mulut hingga ke anus. Namun dalam prosesnya banyak yang harus dilalui seperti misalnya Farink, oesofagus yang pendek, Lambung, usus dan masih banyak lainya. Proses pencenaan Ikan hiu paling utama dimulai dari ketika makan melalui mulut kemudian dihancurkan oleh gigi yang berkembang dengan baik kemudian diteruskan ke Farink yang terdapat pada celah insang dan spirakel.

Setelah itu akan menuju ke Kerongkongan yang pendek dan lebar hampir tidak terlihat dari lambung. Setelah sampai kelambung akan dicernah secara kimia dan mekanik. Usai pencernaan akan dilajutkan ke usus. Pada usus ikan hiu memiliki klep spiral yang berfungsi memperluas bidang penyerapan dan memperpanjang proses digesti. Dari usus makanan kemudian disalurkan ke rectum dan kloaka. Dari kloaka sisa sisa makanan nantinya disalurkan keluar tubuh.

Selain berfungsi sebagai tempat pengeluaran sisa makanan kloaka juga berfungsi sebagai tempat pengeluaran kencing dan sebagai saluran reproduksi. Sekedar catatan bahwa pencernaan pada ikan hiu jauh lebih kuat jika dibandingkan pada ikan biasanya. Sehingga dia mampu menghancurkan makan yang berupa logam.

Sumber: