Bagaimana Sesuatu Yang Simpel Dapat Mendatangkan Ratusan Bahkan Miliaran Rupiah?

ide
ekonomi

(Gamal Hadi) #1

Dapatkah Anda membayangkan bagaimana suatu hal yang simpel dapat menghasilkan pundi-pundi Rupiah yang sangat besar?

Kita mengambil contoh Gojek, ide pertama terciptanya Gojek adalah untuk mengatasi masalah kemacetan yang terdapat di Ibu Kota, Lalu oleh seorang Nadiem Makarim dibuatlah solusi ojek online dengan merek dagang Gojek.

Ide tersebut menurut saya sangat sederhana, tetapi memiliki impact yang sangat besar, tidak hanya bagi perusahaan, tetapi bagi user yang menggunakannya. Banyak user yang terbantu dengan adanya layana ojek online ini, hal tersebut dibuktikan dengan semakin berkembangnya Gojek hingga detik ini.

Bermula dari Ide sederhana membantu user dalam menghadapi kemacetan Ibu Kota sampai akhirnya Gojek menjadi salah satu perusahaan startup tersukses di Indonesia.

Bagaimana dengan Ide-ide Anda? Dapatkah Anda mewujudkan Ide cemerlang tersebut menjadi sesuatu yang dapat membantu banyak orang sekaligus membantu penghasilan pribadi Anda? Berikan komentar Anda.


(Marinda Yunella) #2

Sesuatu yang sederhana dapat mendatangkan uang milyaran rupiah ? Jika itu pemikiran awal dibenak seseorang, maka orang itu akan sedikit sulit meraihnya. Kenapa harus uang yang dipertanyakan terlebih dahulu. Akan lebih baik jika “Bagaimana sesuatu yang sederhana dapat membantu orang banyak terutama yang membutuhkan?” Kebanyakan orang orang terkaya didunia tujuan mereka bukan lah uang, namun inovasi bagaimana menerapkan ide ide mereka untuk di gunakan atau dirasakan orang lain. Mereka tidak peduli seberapa banyak pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk bisa menciptakan sebuah produk, mereka tidak peduli seberapa mahal produknya kelak jika dijual. Yang mereka pedulikan hanya satu, produk itu berhasil dan dapat berguna untuk dirinya maupun orang banyak.


(Himawat Aryadita) #3

Sangat setuju dengan pendapat @Rindayn. Kunci utamanya adalah bagaimana kita selalu berpikir apa yang bisa anda lakukan untuk membantu orang lain.

Didalam melakukan sesuatu, selalu dimulai dari hal yang kecil, dan terus berkembang menjadi lebih besar dan besar seiring dengan waktu dan perkembangan produk itu sendiri.

Apabila anda mempunyai keinginan untuk melakukan hanya hal yang besar saja, tanpa mau memulainya dari hal yang kecil, maka biasanya keinginan anda hanya akan menjadi sebuah wacana tanpa ada realisasinya.

Setiap solusi dari suatu permasalahan akan menghasilkan permasalahan baru yang membutuhkan solusi baru. Begitu seterusnya.

Oleh karena itu, mengambil metode didalam software engineering, Scrum (Agile Development Methodology), mulailah dari hal yang kecil, kerjakan dengan cepat dan lakukan perulangan untuk hal-hal kecil lainnya.

Simple ideas with Big impact.


(renaldy sabdo jati purboningrat) #4

berdasarkan seminar-seminar yang saja datangi dan lihat (langsung ataupun streaming) dalam memulai atau membangun sebuah startup harus berdasarkan problem solving. jika anda memulai startup dengan tujuan uang dan uang maka cepat atau lambat usaha anda akan segera colleps karena anda hanya memikirkan keuntungan. seperti nadiem makarin saat pertama kali memulai startup dia memikirkan keluhan-keluhan tukang ojek yang menunggu lama hingga berjam-jam hanya untuk menunggu pelanggan. dan terobosan yang di kemukan oleh nadiem menyeselesaikn banyak orang maka dari itu gojek dapat berkembang sampai sekarang


(Mitha Aryani) #5

Jika menurut saya, topik ini lebih menitik beratkan tentang Ide-ide kreatif yang dapat membantu banyak orang dalam menyelesaikan masalah. Saya pun tidak setuju jika sebuah perusahaan atau bahkan sebuah ide yang diluncurkan hanya memikirkan tentang uang dan keuntungan semata.

Tidak dapat dipungkir sesungguhnya memang diciptakannya sebuah ide yang akhirnya dieskskusi selain ide tersebut dapat membantu banyak orang tetapi juga memikirkan tentang penghasilan atau keuntungan, meskipun keuntngan mungkin bukan tujuan utama dari dibentuknya ide.

Berbicara tentang uang, uang tidak dapat membeli kebahagiaan tetapi uang pula dapat membantu kita memiliki sesuatu yang dapat menjadikan seseorang bahagia. Bagi saya, bahagia adalah ketika kebutuhan terpenuhi, dengan kebutuhan yang terpenuhi semestinya dapat membantu dalam meraih kebehagiaan.

Kesimpulan nya adalah, kita dituntut memiliki ide-ide kreatif yang dapat membantu banyak orang dalam menyelesaikan permasalahan mereka (ide yang diterapkan). Dengan harapan pula kita mendapatkan keuntungan sebagai apresiasi terhadap ide dan kerja keras yang telah kita lakukan. Kita jangan pernah melupakan bahwa setiap keringat yang kita keluarkan harusalah kita hargai, setidaknya menghargai segala hal-hal yang telah kita capay sehingga akhirnya meningkatkan rasa syukur terhadap apa yang telah dilakukan. Artinya selain membuat orang lain bahagia, kita pun harus merasa bahagia pula… :grin: