Bagaimana seorang manajer proyek melakukan mitigasi risiko dalam perencanaan manajemen risiko?

Risk Mitigation (Mitigasi Risiko) merupakan proses mengembangkan pilihan alternatif dan aksi untuk meningkatkan potensi dan mengurangi ancaman dalam mencapai tujuan organisasi/perusahaan.

Bagaimana seorang manajer proyek melakukan mitigasi risiko dalam perencanaan manajemen risiko?

Setelah risiko diidentifikasi dan dievaluasi, tim proyek mengembangkan rencana mitigasi risiko, yang merupakan rencana untuk mengurangi dampak kejadian tak terduga.

  • Risk Avoidance
    Adalah membuat keputusan untuk tidak melakukan aktivitas yang menghasilkan kerugian atau risiko sama sekali, sehingga harus dipertimbangkan kemampuan keuntungan dan kerugian yang akan dihasikan oleh suatu aktivitas.

  • Risk Sharing
    Metode manajemen risiko dimana biaya konsekuensi dari risiko didistribusikan di antara beberapa peserta dalam suatu perusahaan.

  • Risk Reduction
    Disebut juga risk mitigation yaitu teknik yang mengurangi kemungkinan terjadinya risiko termasuk dampak yang dihasilkan.

  • Risk Transfer
    Adalah mentranser risiko kepada pihak lain melalui suatu kontrak/perjanjian (asuransi) atau hedging.

Masing-masing teknik mitigasi ini bisa menjadi alat yang efektif dalam mengurangi risiko individu dan profil risiko proyek. Rencana mitigasi risiko ini menangkap pendekatan mitigasi risiko untuk setiap kejadian risiko yang teridentifikasi dan tindakan yang akan diambil oleh tim manajemen proyek untuk mengurangi atau menghilangkan risiko tersebut.

Referensi

https://opentextbc.ca/projectmanagement/chapter/chapter-16-risk-management-planning-project-management/

http://www.businessdictionary.com/definition/risk-sharing.html