Bagaimana seorang manajer pemasaran menggunakan Market Research untuk memahami konsumen?

Konsumen adalah orang (atau kelompok) yang membayar untuk mengkonsumsi barang dan / atau jasa yang dihasilkan oleh penjual (yaitu, perusahaan, organisasi). Penting bagi seorang manajer pemasaran untuk memahami konsumen produknya.

Seorang manajer pemasaran harus memiliki pengetahuan yang baik tentang konsumen. Manajer pemasaran melakukan riset pasar untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang apa yang benar-benar diinginkan oleh pelanggan sebuah organisasi. Market Research memungkinkan para manajer ini untuk mengidentifikasi peluang pasar baru, membantu organisasi menciptakan ceruk pasar untuk produk atau layanannya. Riset pasar juga melibatkan mempelajari pesaing organisasi sehingga dapat mengembangkan produk unggulan dan menggunakan teknik pemasaran yang efisien. Perusahaan melakukan riset pasar dengan menggunakan kuesioner, wawancara tatap muka atau menganalisa kebiasaan membeli konsumen.

Tujuan akhir dari penelitian konsumen adalah untuk melayani suara atau permintaan konsumen. Penelitian ini berfokus pada pemahaman konsumen sebagai orang dengan cara belajar lebih banyak tentang sikap, kebutuhan, motivasi dan perilaku konsumen yang berhubungan dengan produk atau layanan. Secara lebih luas, penelitian tentang konsumen membantu perusahaan untuk mendapatkan informasi yang relevan, terpercaya, valid dan terkini tentang target pembeli.

Market Research memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  1. Membantu perusahan membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan mendapatkan keuntungan dari kompetisi.
  2. Membantu manajer pemasaran atau eksekutif membuat banyak keputusan strategis dan taktis dalam proses mengidentifikasi dan memuaskan kebutuhan pelanggan.
  3. Menghapus beberapa ketidakpastian dengan memberikan informasi yang relevan tentang variabel pemasaran, lingkungan dan konsumen. Dengan tidak adanya informasi yang relevan, respon konsumen terhadap program pemasaran tidak dapat diprediksi dengan tepat dan akurat.
  4. Memberikan wawasan yang membantu pembuatan rencana bisnis, meluncurkan produk atau layanan yang ada, dan memandu pengembangan ke pasar baru.
  5. Menentukan bagian mana dari populasi konsumen yang paling mungkin membeli produk atau layanan, berdasarkan variabel seperti usia, jenis kelamin, lokasi dan tingkat pendapatan.
  6. Mengungkapkan karakteristik dari target pasar.
  7. Memahami bagaimana konsumen berbicara tentang produk yang ada di pasaran.
  8. Mengidentifikasi kebutuhan konsumen mana yang penting dan apakah kebutuhan tersebut sudah dipenuhi oleh produk yang ada.

Market Research mencakup beberapa langkah dalam pelaksanaan penelitiannya:

  1. Definisi Masalah
    Masalahnya adalah fokus pada penelitian. Contoh: Mengapa penjualan meningkat di Midwest, tapi menurun di bagian lain negara ini?
  2. Metode dan Kebutuhan Pengumpulan Data
    Bagaimana mengumpulkan data yang diperlukan untuk memecahkan masalah?
  3. Menentukan metode sampel
    Metode pengambilan sampel apa yang akan digunakan?
  4. Data Analysis
    Bagaimana menganalisis data? Dengan software atau manual dan seberapa akurat hasilnya?
  5. Menentukan Anggaran dan Kerangka Waktu
    Seberapa banyak menghabiskan uang untuk penelitian dan seberapa cepat penelitian dapat selesai?
  6. Mengumpulkan Data
    Melanjutkan pengumpulan data berdasarkan jawaban dari langkah 1-5.
  7. Analysis of the Data
    Melakukan analisis terhadap data yang telah dikumpulkan pada langkah sebelumnya.
  8. Error Check
    Memeriksa kesalahan dalam data. Bukanlah hal yang aneh jika ditemukan kesalahan dalam data yang dikumpulkan. Kesalahan bisa dalam metode pengambilan sampel, pengumpulan data serta hanya kesalahan analisis.
  9. Membuat Laporan
    Langkah terakhir dari Marketing Research adalah merancang laporan berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan. Laporan arus berisi tabel, diagram, dan atau diagram. Penting agar laporan dibuat dengan jelas, agar bisa mengkomunikasikan hasil yang ditemukan dalam penelitian yang dilakukan. Temuan harus mengarah pada solusi atas masalah yang telah identifikasi di Langkah 1.

Terlepas dari jenis usaha yang dilakukan oleh manajer pemasaran, tujuan utamanya adalah memahami dan memprediksi perilaku konsumen.

Sumber:
https://courses.lumenlearning.com/baycollege-introbusiness/chapter/reading-using-market-research-to-understand-consumers/