Bagaimana seorang Manajer Pemasaran mengambil keputusan yang harus dilakukan?

Seorang Manajer Pemasaran dalam perusahaan memiliki tanggung jawab yang cukup besar dalam meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.Seorang manajer pemasaran harus mampu melihat berbagai kesempatan di masa depan, merumuskan dan menjalankan berbagai program pemasaran sehingga mampu memenuhi target-target yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Bagaimana seorang Manajer Pemasaran mengambil keputusan yang harus dilakukan?

Seorang Manajer Pemasaran memiliki tanggung jawab yang besar dalam pengambilan keputusan. Seorang manajer pemasaran harus mamp melihat berbagai kesempatan dimasa depan, merumuskan dan menjalankan berbagai program pemasaran perusahaan.

Pengalaman Jeff Weiner sebagai CEO Linkedin, dapat menjadi salah satu penambah wawasan bagaimana seorang Manajer Pemasaran mengambil keputusan yang harus dilakukan. Untuk mengerjakan sesuatu hal bekerja, sebuah perusahaan memerlukan seorang pemimpin yang mampu mengambil keputusan secara jelas setiap harinya dan benar. Weiner mampu memimpin LinkedIn hingga mencapai tahap IPO yang luar biasa, yakni mencapai $20 miliar di pasaran saat ini. Setelah membawa LinkedId hingga IPO, ia juga membagi banyak pelajaran manajemen yang luar biasa. Berikut adalah beberapa pemikirannya yang ia bagikan pada First Round Capital CEO Summit.

  1. Angin dalam Pelayaran

    Saya lebih suka mengibaratkannya sebagai angin dalam pelayaran. Perusahaan yang membangun terobosan dan sesuatu yang tidak terpikir orang lain - Weiner

    Seperti berada di kapal pelayaran di bawah kondisi yang sempurna. Angin bertiup dengan arah yang benar. Segalanya terasa lancar. Tapi, perlu disadari jika kondisi pelayaran yang sempurna tidak bertahan selamanya.

    Angin akan berganti arah, dan kapal lain mungkin saja muncul - Weiner

    Jika tidak ada ide untuk perbaikan ke depannya, para pesaing kapal ini akan mengejar ketertinggalan mereka. Itulah alasan mengapa harus meletakkan dasar yang kuat di awal-awal hari. Manajer Pemasaran harus mempersiapkan infrastruktur, proses dan orang yang tepat.

  2. Visi dan Misi Lebih dari sekedar kata-kata di poster

    Visi tidak secepat itu untuk dicapai. Ia seperti bintang di langit yang membutuhkan kerjasama tim dan mungkin lebih dari satu generasi untuk mencapainya. Sedangkan misi, dapat diartikan sebagai tujuan yang konkret dari suatu perusahaan yang bisa diukur dari sebaik apa mereka mencapai misi - Weiner

  3. Ubah slogan jadi tindakan

    Merubah slogan yang awalnya diabaikan oleh perusahaan lain menjadi sesuatu yang berharga.

  4. Cara untuk menjalankan rapat eksekutif yang efektif

    Memulai rapat dengan memuji hasil pencapaian tim pada minggu sebelumnya. untuk memberikan semangat dan memotivasi anggota tim dalam mencapai target selanjutnya

Referensi