Bagaimana seorang manajer pemasaran menentukan segmen customer yang sesuai?

Manajer pemasaran bertugas mengembangkan posisi produk, penyampaian pesan kepada pengguna, pembeda dengan kompetitor dan memastikan tim penjualan dan pemasaran bekerja secara efektif dan efisien dalam mengambil setiap peluang yang ada. Lalu bagaimana seorang manajer pemasaran dapat menentukan segmen customer yang sesuai agar pemasaran produk tersebut dapat efektif dan efisien?

Menurut pendapat saya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh manajer pemasaran yang dapat membantu proses marketing dari sebuah produk perusahaan atau organisasi yang efektif dan efisien. Saya pernah membaca sebuah buku berjudul Business Model Generation yang ditulis oleh Osterwalder dan Pigneur (2010) dimana beliau membagi customer segmen menjadi beberapa golongan yaitu:

  1. Mass Market
    Tidak membedakan antara segmen-segmen pelanggan yang berbeda. Fokus pada satu kelompok besar pelanggan yang memiliki kebutuhan dan masalah yang sebagian besar sama. Strategi ini biasanya ada dalam sektor elektronik dan kosmetik.

  2. Niche Market
    Melayani dan menyasar segmen pelanggan yang spesifik dan spesial. Model niche market ini biasanya ditemukan dalam hubungan pemasok-pembeli. Contohnya dalam bisnis kopi, biasanya kalangan pecinta kopi yang fanatik terhadap jenis kopi tertentu, misalnya hanya menyukai kopi luwak, kopi aceh, dan jenis kopi lainnya.

  3. Segmented
    Membedakan segmen pasar dari kebutuhan dan masalahnya masing-masing. Model segmen ini melayani pelanggan berdasar kemampuan daya beli . Semakin berkualitas suatu produk/jasa semakin mahal harga yang akan dibayarkan.

  4. Diversified
    Model segmen ini melayani dua atau lebih segmen pelanggan yang tidak terkait satu sama lain dengan kebutuhan dan masalah yang sangat berbeda. Seperti perusahaan ritel Amazon yang mulai berbisnis layanan Cloud, ruang penyimpanan online dan layanan server data.

  5. Multi-sided Platform (Multisided Market)
    Jenis ini melayani dua atau lebih segmen pelanggan yang saling bergantung. Seperti perusahaan kartu kredit yang membutuhkan pelanggan kartu kreditnya dan merchant yang menjadi partner untuk menerima kartu kreditnya sebagai alat pembayaran.

Dari beberapa golongan diatas diharapkan seorang manajer pemasaran dapat menentukan yang mana customer segmen yang akan dipilih untuk menjadi target pemasaran sebuah produk perusahaan untuk dapat melakukan pemasaran yang efektif dan efisien.