Bagaimana Sel Kanker terbentuk?

Kanker. Penyakit menakutkan ini sudah lama menjadi momok bagi banyak orang. Kita sering mendengarnya, tapi tak banyak yang tahu apa dan bagaimana sel kanker ini bisa menggerogoti tubuh kita.

Sel normal berubah menjadi sel kanker
Sel kanker pada dasarnya adalah sel normal yang mengalami kelainan. Karena suatu hal, sistem pusat tubuh kita kehilangan kontrol atas sel tersebut. Akibatnya, pertumbuhannya menjadi tidak terkendali. Disaat seharusnya ia berhenti tumbuh, sel ini malah terus-menerus bereproduksi. Beberapa sel kanker akan menggumpal dan membentuk tumor, pada umumnya berbentuk benjolan. Ya, benjolan tumor ini terjadi akibat sel yang seharusnya berhenti tumbuh tapi justru malah tumbuh terus.

Sel kanker ini juga memakan nutrisi yang lebih banyak dan ‘merampas’ nutrisi yang seharusnya untuk sel-sel yang normal. Akibatnya, sel kanker ini mendesak dan membahayakan sel-sel normal di sekitarnya. Sel kanker juga bisa terus berkembang dan menyebar, hingga akhirnya mengambil alih tubuhmu. Bayangkan jika nutrisi dari makanan yang kita konsumsi tidak bisa diserap maksimal oleh sel-sel yang membutuhkan, tapi justru dipakai untuk pertumbuhan sel kanker itu.

Beberapa penyebab utama seperti merokok, alkohol, paparan sinar ultraviolet, radiasi gelombang tertentu, faktor keturunan, dan lain-lain itu hanyalah faktor yang mempertinggi risiko, bukan faktor pasti.

Sumber: