Bagaimana Sejarah Teori Biaya Relatif yang Dikemukakan oleh David Ricardo?

Teori biaya relatif atau comparative cost dikemukakan oleh David Ricardo, bagaimana sejarah dan dasar dari teori ini?
image

Teori Biaya Relatif dikemukan oleh Ricardo. Konsep perdagangan yang semakin disukai masyarakat Internasional, pertama sekali dikemukan oleh David Ricardo (1772-1823) ini dikenal juga dengan teori “comperative cost” atau “comperative advantage”. Dalam teori ini, setiap negara mengkhususkan produksinya dalam bidang-bidang yang diunggulinya secara komparatif dan semua negara melakukan perdagangan secara bebas tanpa hambatan, maka akan tercapainya efesiensi dalam penggunaan faktor-faktor produksi dan pada gilirannya produksi dunia secera keseluruhannya akan mencapai maksimum, sehingga makin tinggi kemakmurannya.

Teori David Ricardo ini didasarkan pada nilai kerja atau teory of labor value, yang menyatakan bahwa nilai atau harga suatu produk ditentukan oleh jumlah waktu atau jam kerja yang diperlukan untuk memproduksikannya.

Menurut teori cost comperative advantage (labor efficiency), suatu negara akan memperoleh manfaat dari peragangan internasional jika melakukan spesialisasi produksi dan mengekpor barang di mana negara tersebut dapat berproduksi relatif lebih efisiensi serta mengimpor barang di mana negara tersebut berproduksi relatif kurang/tidak efektif.

Referensi

Apridar. 2007. Ekonomi Internasional. Universitas Malikussaleh Press .