Bagaimana Sejarah Sepatu Sneakers?

Sneaker merupakan salah satu style sepatu yang digemari remaja. Walaupun memiliki harga yang cukup tinggi namun tetap diminati remaja-remaja karena memiliki nilai keren dan kekinian yang tinggi. Dari hal tersebut, bagaimana sejarah sepatu sneakers ?

Awal kemunculan sepatu sneakers itu terjadi pada waktu tahun 1800- an, tetapi pada waktu awal kemunculannya itu sepatu sneakers belum disebut dengan sebutan sneakers seperti sekarang ini, sepatu itu disebut dengan istilah Plimsolls, sepatu ini dideasin sebagai pelengkap busana pantai pada waktu itu.

Lalu pada akhir abad 18, ada gebrakan yang dilakukan oleh perusahaan Goodyear, yakni dengan menggabungkan bahan dasar karet dengan bahan kanvas, yang akhirnya muncullah sepatu dengan merk keds di pasaran.

Pada awal abad 19 setelah ada inovasi tersebut, mulai bermunculan merk – merk lainnya yang mencoba untuk membuat sepatu yang berbahan dasar kanvas yang dipadukan bahan karet sebagai bahan utama dari solnya. Salah satunya adalah Converse, selain itu juga Converse menjadi american icon pada waktu itu karena sepatu converse ini bermunculan di pertandiangan – pertandingan basket yang ada, setelah pemain basket yang bernama Chuck Taylor memilih converse sebagai sepatunya. Pada tahun 1920 Adidas juga muncul, tahun 1968 Nike juga muncul.

Populernya sepatu sneakers selain karena banyaknya bermunculan perusahaan – perusahan sepatu, sneakers ini sendiri juga dipopulerkan oleh para pemakainya sendiri karena dilambangkan dari Rebellion dan juga menjadi sepatu favorit para remaja pada waktu itu. Para pelajar juga hampir semuanya menggunakan sepatu sneakers, hal ini terjadi karena mungkin dengan sneakers lebih mudah dibeli karena tidak terlalu menguras isi dompet mereka.

Sumber: