Bagaimana sejarah penyerangan Pearl Hourbour ?

penyerangan Pearl Hourbour

Pearl Harbor adalah pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di pulau Oahu, Hawaii, barat Honolulu. Banyak dari pelabuhan dan daerah sekeliling merupakan pangkalan Angkatan Laut bawah laut Amerika Serikat: Mabes Armada Pasifik Amerika Serikat.

Bagaimana sejarah penyerangan Pearl Hourbour ?

1

7 Desember 1941 merupakan hari paling menyedihkan dalam sejarah Amerika Serikat. hari itu pangkalan utama armada pasifik AS di Hawaii, tanpa pernyataan perang sebelumnya, diserang secara tiba2 oleh ratusa pesawat pemburu dan pesawat pembom dari pasukan kekaisaran Jepang . 2400 orang tewas dan 1100 orang terluka. Serbuan ini mengantarkan Amerika pada perang dunia II dan membawa Jepang pada kehancuran setelah 2 kotanya dibom dengan Bom Atom.

LATAR BELAKANG PENYERANGAN PEARL HARBOR

Peristiwa yang melatarbelakangi serangan Jepang terhadap Pearl Harbor adalah peristiwa pada tahun 1931 saat jepang menyerbu Manchuria, salah satu provinsi di Cina. Manchuria merupakan wilayah pertama yang diinvasi Jepang dan kemudian disusul dengan serangan skala besar pada tahun 1947. Melihat hal demikian, Amerika Serikat membantu mendanai Cina dalam bidang militer dan keuangan, sedangkan impor minyak dan bahan mentah lain ke Jepang dihentikan. Embargo ini merupakan ancaman besar terhadap Jepang.

Keadaan inilah yang kemudian menyulut emosi pemerintah Jepang dan memutuskan menaklukkan wilayah Asia Pasifik yang kaya akan minyak dan bahan mentah yang selama ini tidak dimiliki Jepang. Pihak Amerika Serikat mengetahui hal tersebut dan tidak membiarkan Jepang menginvasi negara - negara di Asia. Perangpun tak terelakkan antara Jepang dan Amerika. Jepang kemudian membuat strategi, satu - satunya cara menaklukkan Amerika Serikat yaitu menghancurkan angkatan laut AS yang ada di Pearl Harbor.

Persiapan matang dilakukan oleh Jepang dan memutuskan melakukan penyerangan pada tanggal 7 Desember 1941. Jepang mengobarkan perang Asia Timur Raya. Setelah Pearl Harbor dapat dikuasai, Jepang menduduki beberapa wilayah sekutu diantaranya adalah Indonesia. Serangan ini mengawali Amerika Serikat untuk ikut campur dalam Perang Pasifik. Jepang tidak sadar bahwa ia telah membangunkan raksasa perang dunia.

SETELAH PENYERANGAN PEARL HARBOR

“I fear all we have done is to awaken a sleeping giant and fill him with a terrible resolve” Isoroku Yamamoto

Kata - kata diatas berarti, “Saya takut, semua yang telah kita lakukan adalah untuk membangkitkan raksasa tidur dan memenuhinya dengan tekad yang mengerikan” kata Laksamana Isoroku Yamamoto sang perancang taktik penyerangan Jepang. Ketakutan tersebut terjadi. Presiden AS, Franklin D. ** Roosevelt** meanggapi serangan Jepang. Empat tahun setelah penyerangan Pearl Harbor, Jepang yang telah menguasai Asia akhirnya menyerah dan menjadi bulan - bulanan Amerika Serikat terutama setelah pemboman Hiroshima dan Nagasaki.

SUmber : http://www.idsejarah.net/2017/01/sejarah-penyerangan-pearl-harbor-oleh.html