Bagaimana sejarah pendirian Negara Uni Soviet ?

Uni Soviet

Uni Soviet adalah bekas negara yang terdiri atas lima belas republik sosialis yang dibentuk pada tahun 1922 hingga dibubarkan pada penghujung tahun 1991. Bagaimana sejarah dari pendirian negara ini ?

Pascarevolusi yang dilakukan oleh kalangan Bolshevik di Rusia 25 Oktober 1917. Negara komunis dicita-citakan untuk meneruskan kejayaan Kekaisaran Rusia dan sebagai negara pertama yang berdasarkan sosialisme-marxisme. Uni Republik Sosialis Soviet (USSR) kemudian didirikan pada 30 Desmber 1922 yang merupakan gabungan dari konfederasi Rusia, Belarus, Ukraina, dan Federasi Transkaukakus. Transkaukakus kemudian dipecah menjadi Georgia, Azerbaijan, dan Republik Armenia pada 1936.

image
Selama Revolusi Bolshevik 1917 dan Perang Saudara Rusia yang berlangsung 3 tahun pasca revolusi. Partai Bolshevik di bawah Vladimir Lenin yang didalamnya didominasi oleh pasukan merah Soviet. Pasukan Soviet merupakan gabungan dari koalisi pekerja dan tentara komite yang menyerukan pembentukan negara sosialis di atas reruntuhan Kekaisaran Rusia.

Partai Komunis dan Partai Politbiro memegang semua kendali pemerintahan, negara secara efektif dikendalikan oleh Sekretaris Jenderal. Lahan pertanian dan industry secara kolektif dikelola oleh negara.

image
Dalam perjalanannya, Uni Soviet menjadi salah satu kekuatan yang paling kuat dan berpengaruh di dunia. Uni Soviet terus berkembang dengan cakupan 15 negara bagian yang membentuknya, Rusia, Ukraina, Georgia, Belarus, Uzbekistan, Armenia, Azerbaijan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Georgia, Turmenistan, Tajikistan, Latvia, Lithuania, dan Estonia. Rusia menjadi negara bagian yang paling mendominasi kekuatan di tubuh Uni Soviet.

Uni Soviet menjadi kekuatan negara Adidaya dan merupakan rival sejati dari Amerika Serikat. Uni Soviet digambarkan sebagai kekuatan besar di Timur Dunia. Turut andil dalam memenangkan Perang Dunia II dengan menghancurleburkan Nazi Jerman. Uni Soviet muncul menjadi sebuah kekuatan dan menjadi patron di Eropa Timur, ideologi komunisme menyebar ke seluruh dunia. Pada 1923-1991 hampir semua dunia memiliki partai komunis yang terintegrasi dengan KOMINTERN (Komunis Internasional)

Persaingan penyebaran ideologi dengan Amerika Serikat membawa Uni Soviet menjadi aktor utama bersama Amerika Serikat dalam Perang Dingin. Pertikaian dipelbagai negara kerap kali berlandaskan pada perseteruan ideologi liberal dan komunis. Amerika dan Eropa Barat sebagai kekuatan sayap kanan dan Uni Soviet dan Eropa Timur sebagai kekuatan sayap kiri.

Uni Soviet pada 1991 dibubarkan disebabkan serangkaian demokratisasi ditubuh internal pemerintah, krisis ekonomi turut memperparah keadaan tersebut. Kekuasaan politik Uni Soviet di Eropa Timur dan negara lainnya runtuh seketika pasca keruntuhan Uni Soviet dan gelombang demokratisasi di Eropa Timur.

Amerika Serikat muncul sebagai pemenang Perang Dingin (1991). Kini di dunia hanya ada beberapa negara komunis yang tersisa :

  • Republik Rakyat Cina,
  • Kuba,
  • Republik Sosialis Vietnam
  • Transnistia

Sumber: Hariansejarah.id