Bagaimana sejarah invasi Majapahit ke Kerajaan-Kerajaan di Pulau Sumatra ?

Majapahit

Setelah Majapahit mampu menaklukan kerajaan-kerajaan di Jawa Timur dan menggabungkanya kedalam wilayah kekuasaanya, kerajaan Majapahit terus memperluas kekuasaannya hingga ke manca negara.

Bagaimana sejarah invasi Majapahit ke Kerajaan-Kerajaan di Pulau Sumatra ?

Sumber-sumber yang dijadikan rujukan mengenai peristiwa Invasi Majapahit ke berbagai Kerajaan di Nusantara sejauh ini masih bersumber dari tutur tinular (Cerita Rakyat Yang Tak Tertulis) serta naskah-naskah kelasik Nusantara, seperti kisah penaklukan Bali dan Lombok bersumber dari tutur tinular. Penaklukan Sunda bersumber dari Naskah Kidung Sundayana, Pararaton dan lain sebagainya.

Adapun naskah-naskah yang dijadikan sumber cerita mengenai Invasi Majapahit ke Pulau Sumatra diantaranya adalah Naskah Hikayat Raja-Raja Pasai, Tambo Minang dan Naskah Melayu Salatusalatin. Meskipun demikian selain naskah-naskah yang telah disebutkan di atas yang menceritakan kisah invasi Majapahit ke Pulau Sumatra terdapat juga bukti-bukti peninggalan seputar kedatangan orang-orang Majapahit ke Pulau ini, seperti petilasan-petilasan atau makam Gajahmada di Aceh, dan lain sebagainya.

Selain sumber primer dalam bentuk Naskah dan Kisah Rakyat, ada juga sebenarnya buku-buku sejarah yang dibuat oleh para Sejarahwan Nasional yang mengulas tentang peristiwa Invasi Majapahit ke Sumatra diantaranya buku Sejarah karya Slamet Muljana (2005) yang berjudul “Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa dan Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara” dalam buku ini sedikit banyak dikupas mengenai Invasi Majapahit ke Sumatra.