Bagaimana Sejarah Dari Aliran Neoklasikisme?

Salah satu jenis aliran dalam seni rupa adalah neoklasikisme. Aliran Neo Klasikisme adalah gerakan untuk mempertegas kembali (neo) kepada aliran klasikisme. Bagaimana sejarah dari perkembangan aliran ini?

Aliran Neo Klasikisme adalah gerakan untuk mempertegas kembali (neo) kepada aliran klasikisme, yaitu aliran baru yang meningkatkan segala aspek pada aliran klasikisme. Aliran Neo Klasikisme ini muncul pertama kali di Prancis yaitu pada awal Revolusi Perancis pada sekitar tahun 1789, itulah yang menjadi titik akhir kekuasaan feodalisme di Perancis yang sangat berpengaruh pada perkembangan kebudayaan dan aliran seni di dunia.

Revolusi Perancis ini tidak hanya merubah tata politik, tata sosial, tetapi juga berpengaruh pada bidang kesenian. Salah satunya yaitu pengaruh raja atas perkembangan seni telah berakhir. Hal lain yang juga menguatkan ialah pengaruh gereja terhadap penciptaan seni telah melemah. Hubungan gereja dengan seniman tidak lagi terjalin kuat. Di samping itu, muncul pengelompokan dalam kehidupan budaya yaitu kelompok seniman, industriawan, ilmuwan, pekerja dan buruh pabrik.