Bagaimana sejarah dan perkembanga Musik acapella ?

Acapella-500x400
acapella atau yang dalam bahasa Indonesia ditulis akapela merupakan jenis musik yang tidak menggunakan instrumen / alat musik.

Musik acapella mulanya sering dimainkan oleh imigran Afrika yang seringkali bernyanyi dalam perayaan pesta di suku-suku pedalaman. Kondisi ekonomi yang sulit, membuat mereka tidak mampu membeli alat musik. Sehingga, mereka mulai belajar menirukan suara-suara alat musik yang seringkali mereka dengar paduan suara orang Kaukasia* di gereja.
Pada saat itu, orang Kaukasia hanya menganggap acapella sebagai nyanyian dengan pembagian vokal, tanpa adanya peniruan suara alat musik. Namun, tidak dengan imigran Afrika yang menggabungkan teknik pembagian suara dan peniruan suara alat musik. Kemudian, teknik bernyanyi ini ditiru oleh bangsa lain, terutama Spanyol yang akhirnya mewariskan teknik ini hingga Filipina.
Menurut sumber lain, dikatakan bahwa musik ini berkembang sebagai musik religius Kristen. Beberapa agama, seperti Islam, Yahudi, ataupun Nasrani juga tidak menggunakan alat musik saat menyanyikan lagu-lagu agamis. Dalam Islam, menyanyikan lagu agamis secara acapella biasa disebut nasyid.