Bagaimana sejarah dan deskripsi mengenai penyakit Transmissible Gastroenteritis (TGE) yang menyerang babi?

Bagaimana awal mula penyakit TGE pada babi ditemukan?

Penyakit ini disebut-sebut terdapat di seluruh populasi babi di dunia. Apakah ada yang mengerti mengenai TGE pada babi?

babi sakit

Transmissible gastroenteritis (TGE) ialah penyakit menular yang menyerang babi semua umur akan tetapi terutama menyebabkan banyak kematian pada anak babi hingga umur sekitar 14 hari. TGE dikenal di banyak negara di Eropa, Kanada dan USA terutama di daerah konsentrasi babi yang sangat padat. Insiden dapat bervariasi. Bila virus baru diintroduksi dalam suatu daerah maka terlihat kasus-kasus tersendiri yang kemudian disusul oleh infeksi bersifat epizootik. Umumnya TGE berjangkit pada perusahaan-perusahaan babi secara sporadik.

TGE terutama menyebabkan kerugian pada perusahaan-perusahaan yang memelihara hewan-hewan peka. Angka morbiditasnya tinggi, demikian pula angka kematiannya terutama pada anak babi yang berumur kurang dari 10 hari 90%. Dikira angka kematian pada hewan yang berumur 10 - 60 hari berkisar 11%.

Pada introduksi penyakit dalam perusahaan yang sebelumnya belum mengenal TGE maka umumnya anak-anak babi yang belum berumur 10 hari pertama mati, tetapi juga anak-anak babi yang dilahirkan dalam 2 minggu sesudah penyakit berjangkit. Secara hematologis terlihat lekopeni pada awal penyakit dan pada babi berbagai umur.

Hewan yang masih hidup pertumbuhan badannya terlambat. Semakin babi menjadi tua semakin berkurang angka kematiannya. Pada waktu akhir ini timbul kesan bahwa jalan penyakit sedikit berubah: angka morbiditas pada semua kategori umur berkurang dan lebih banyak ditemukan infeksi diam. Diduga bahwa penyakit juga menyebar secara kurang agresif. Pada hewan dewasa ditemukan infeksi persisten sedangkan babi itu secara serologis negatif.

TGE untuk pertama kali ditemukan oleh Doyle dan Hutchings pada tahun 1946 di USA. Akan tetapi penyakit-penyakit dengan gejala-gejala klinis yang sama sudah dikenal beberapa tahun sebelumnya di USA dan di beberapa negara Eropa. Peternakan babi secara besar-besaran (industriil) merupakan salah satu sebab menjadi pentingnya penyakit ini.

Referensi: Ressang, AA. 1986. Penyakit Viral Pada Hewan. Jakarta: UI-Press.