© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana rute jalur pendakian Gunung Kerinci?

Gunung Kerinci terkenal sebagai gunung yang memiliki jalur pendakian yang cukup ekstream. Untuk itu persiapan fisik sangat diperlukan saat memutuskan untuk mendaki gunUng ini. Sempatkan untuk latihan fisik karena banyak sekali pendaki yang tidak mencapai puncak karena kelelahan. Bagaimana rute jalur pendakian Gunung Kerinci?

image

Gambaran umum jalur pendakian:

Pertama pendaki harus berjalan dari Desa Kersik Tuo ke Pos penjagaan TNKS berupa perkebunan teh yang dapat ditempuh kurang lebih 45 menit.
Setelah sampai di Pos penjagaan pendaki bisa melanjutkan perjalanan ke Pondok R10 menuju Pintu Rimba di ketinggian 1.800 mdpl yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dengan medan perkebunan penduduk sampai batas hutan. (Di sini terdapat shelter dan lokasi air kurang lebih 200 meter sebelah kiri).
Dari Pintu Rimba pendaki akan melanjutkan perjalanan ke Pos Banku Panjang di ketinggian 1.909 mdpl dengan medan landai berupa hutan heterogen bisa ditempuh dalam waktu 30 menit.
Dari Pos Bangu Panjang, pendaki bisa melanjutkan perjalanan ke Batu Lumut. Jaraknya 2 km dan biasa ditempuh dalam waktu 45 menit dengan medan landai di ketinggian 2.000 mdpl.
Selanjutnya dari Batu Lumur wisatawan dapat langsung ke Pos 1 dengan waktu tempuh 1,5 jam di ketinggian 2.225 mdpl.
Pos 3 berada di ketinggian 2.510 mdpl dan dapat ditempuh 3 jam dari pos 2 berupa hutan dengan tubuhan paku-pakuan yang mendominasi. Di sini pendaki bisa beristirahat dan melihat kondisi hutan yang sedikit terbuka. Di Pos 3 pendaki bisa mendirikan tenda selain itu dari pos ini ke puncak hanya 4 jam saja.
Dari Pos 3 menuju ke Pos 4 dapat ditempuh hanya 1,5 jam dengan jalur bekas aliran air. Di pos 4 cukup lapang dan mendirikan tenda.
Dari Pos 4 menuju ke puncak medannya cukup ekstrem. Di jalur ini pendaki harus ekstra hati-hati.