Bagaimana review tempat wisata Taman Nasional Bantimurung di Maros?

Awal bulan maret 2018 ini, saya ingin melakukan kunjungan wisata bersama keluarga ke Makassar, sebenarnya ada banyak tempat yang ingin saya kunjungi di Makassar, maka dari itu dari banyaknya tempat tersebut saya ingin meminta review seluruhnya dan mempertimbangkan review wisata yang terbagus, berhubung saya hanya memiliki waktu 3-4 hari disana, dan harus kembali lagi ke Jakarta, terimakasih mohon bantuannya :slight_smile:

Mohon reviewnya di wisata Taman Nasional Bantimurung di Maros?

Taman Wisata Nasional Bantimurung terletak di kawasan karst terbesar terdua di dunia, yaitu di Karst Rammang-Rammang, Maros, Sulawesi Selatan. Di Kawasan ini terdapat banyak pohon-pohon yang rimbun sehingga menutupi tanah dibawahnya, sehingga jika kita lihat yang terlihat dari jauh hanyalah warna hijau saja. Jarak Taman Wisata Nasional Bantimurung ini sekitar 50 Km, dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan dengan mobil, motor bisa lebih cepat dari itu. Untuk masuk ke Air Terjun Bantimurung, anda akan dikenakan biaya Rp. 20000,- per Orang (Turis Domestik), dan Rp. 255.000,- per orangnya.(Turis Mancanegara).

Daya tarik utama di tempat wisata ini adalah Air Terjunnya yang landai, sehingga air yang jatuh dari atas tidak terlalu keras jika terkena di badan, cocok untuk terapi air yang tidak menyakitkan namun efektif. Sejak awal kunjungan saya di 2010, tempat wisata ini telah banyak berubah di terakhir kalinya saya berkunjung yaitu tahun 2017 lalu. Mulai dari perapihan hingga ke penambahan pendopo-pendopo yang memungkinkan orang untuk duduk-duduk santai menikmati suara percikan air, suara angin yang berhembus di dedaunan, dan suara burung-burung khas sulawesi yang ‘bernyanyi’ saling bersahutan diantara pepohonan.

Selain itu juga terdapat taman bunga kupu-kupu yang jika anda masuk kedalamnya akan ada ribuan kupu-kupu yang beterbangan di sekitar anda, sungguh surga dunia bukan, disini anda akan merasakan refreshing yang sebenarnya, ditambah lagi jika jalan bersama orang yang anda sayangi, pasti akan semakin menenangkan hati :smiley:. Di Bantimurung juga ada museum kupu-kupu yang nantinya anda akan menemukan beragam macam spesies kupu-kupu yang telah diawetkan, mulai yang berukuran besar hingga terkecil. Jika anda beruntung anda juga dapat bertemu penghuni asli kawasan Taman Nasional Bantimurung, yaitu monyet moor macaque.

Saat ini telah ada daya tarik baru di wisata taman nasional Bantimurung ini, yaitu sebuah Sky Bridge !. Sky Bridge ini berada sekitar 10 meter dari atas tanah. Tapi tenang, semua yang naik di Sky Walk ini diwajibkan menggunakan alat pengaman. Untuk bisa naik ke Sky Bridge anda akan dikenakan biaya tiket masuk hanya Rp. 15.000,- baik untuk turis domestik maupun turis mancanegara. Sky Bridge ini sangat cocok untuk anda yang suka dengan lokasi-lokasi yang ‘instagramable’ karena tempat ini tidak dapat anda lewatkan begitu saja, dengan pemandangan tebing kapur, dan hamparan hutan yang berwarna hijau memberikan nuansa alami dengan paduan warna hijau dan putih yang sangat menarik mata.

Demikian review yang bisa saya berikan mengenai tempat wisata di Taman Nasional Bantimurung Makassar, Semoga anda berminta untuk mengunjungi tempat ini suatu saat walaupun waktu anda tidak cukup, karena ini adalah tempat yang tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Sulawesi Selatan :smiley: Sekian, dan terimakasih.