Bagaimana review film 3 idiots?

Bagaimana review film 3 idiots?

Salah satu film India yang punya rating bagus adalah 3 idiots. Bagaimana review film 3 idiots?

3 Idiots terdiri dari 3 orang mahasiswa teknik, ada Farhan yang pengennya jadi fotografer alam tapi dipaksa orang tua jadi insinyur. Raju orang tuanya miskin, ayahnya mantan tukang pos dan terkena stroke, ibunya guru biasa, dan punya banyak beban harapan di pundaknya karena kondisi tersebut. Oleh karen itu dia ingin jadi insinyur dari institut ternama, agar mudah mencari kerja dan menyelamatkan hidup keluarganya. Ada Rancho yang misterius, tidak diketahui asalnya dari mana, selalu punya uang, ceria, penyemangat untuk teman-temannya, pintar, idealnya manusia sempurna.

Sayangnya mahasiswa jenis ini tidak disukai para dosen, pengawas ujian, termasuk rektornya yang namanya kalau disingkat jadi Virus. Senang mengintimidasi, terutama pada mahasiswa ‘mokong’ dan banyak tanya macam Rancho, beberapa kali Rancho berusaha disingkirkan, termasuk Raju dan Farhan juga yang satu kamar dengan dia. Cuma namanya manusia sempurna, loloslah dia meski ketegangan tetap terasa.

Film ini menawarkan banyak kejutan kecil sepanjang durasi 2 jamnya. Ada kejadian, lalu dipecahkan dengan cara yang cerdik. Pantes aja skenarionya begitu kuat, karena film ini adaptasi dari novel. Alur ceritanya sih seperti kebanyakan film India lainnya, tapi lebih istimewa karena antar kejadian ternyata saling berhubungan. Sejak awal penonton sudah dibikin bertanya-tanya ini film apa, ketika Farhan yang sudah lulus kuliah mendaratkan darurat sebuah pesawat, dengan berpura-pura pingsan. Alurnya memang dari tengah, lalu mundur, lalu tengah lagi, dan maju. Di tengah-tengahnya juga maju mundur cantik gitu.

Semakin dipikirkan, semakin terasa bahwa film ini kaya makna, tanpa perlu diucapkan dengan kata-kata. Ada kisah persahabatan, ada kepercayaan pada dewa yang berlebihan, ada kisah pengorbanan anak untuk menuruti kemauan orang tuanya, kekasih yang super keren tapi cuma peduli dengan harta, pemalsuan nama demi dapat sertifikat untuk syarat tender, kisah bunuh diri banyak mahasiswa karena depresi, dan harapan.

Rancho yang serba bisa ini mampu memikat hati Phia yang calon doktor, tapi ngga menye-menye kisah cintanya. Dia juga membantu kelahiran bayi kakaknya Phia, dengan menciptakan mesin vacuum yang pakai tenaga aki. Keren banget ya, mahasiswa teknik berubah jadi dokter. Persaingannya dengan Chatur yang textbooker banget memberikan satu pesan, jalanilah pekerjaanmu karena passion, bukan karena gaji gede atau demi mendulang kesuksesan. Cinta akan membuat kita seperti bermain saat bekerja, tidak punya rasa takut untuk menjalaninya dengan idealis, dan mendorong kita untuk melakukan inovasi agar pekerjaan lebih mudah dan berguna bagi banyak orang.