Bagaimana respon kita terhadap seseorang yang berpikir secara computational thinking?

Computational thinking

Kita pasti memiliki sikap atau cara berfikir yang berbeda dengan orang orang lain. Nah kita pasti bisa merespon atau menanggapi cara berfikir orang-orang tersebut. Computational thinking adalah salah satu cara berfikir yang sangat bagus namun bagaimana kita merespon atau menanggapi sikap tersebut ?

Kita pasti merespon segala cara berfikir setiap manusia di kehidupan kita. Computational Thinging (CT) adalah teknik pemecahan masalah yang sangat luas wilayah penerapannya untuk terbiasa berfikir secara logis, terstruktur, dan kreatif. Sudah banyak orang professional yang sudah berfikir CT agar dapat meningkatkan kemampuannya lebih dan lebih lagi supaya dapat menciptakan orang orang yang termotifasi terhadapnya. Respon kita kepada orang orang yang berfikir CT yaitu

  1. Selalu bisa menjawab segala kalimat atau kata-kata yang keluar saat berbincang. Menjawab suatu saat perbincangan sering kita lakukan dikehidupan biasa, namun cara berbicara orang CT yaitu berbincang secara kritis dan berpacu pada masa depan jadi kita harus bisa berbicara secara santai terhadapnya supaya kita dapat ilmu dan pengalaman saat berbincang kepadanya.

  2. Berkata apa adanya dan jujur terhadap orang CT. jika memang tidak tau apa maksud orang CT kita harus berkata apa adanya atau jujur, karena orang CT selalu menerima pencapat orang lain dan akan dibenahi menjadi lebih baik

  3. Menghadapinya dengan murah senyum. Memang kita harus selalu sopan dan santun terhadap siapa saja begitu pula terhadap orang CT. selalu menjaga sikap kita terhadap orang CT karena orang CT kebanyakan beremosional tinggi karena cara berfikirnya yang tiggi pula, jadi kita harus lebih bijak lagi dalam mengambil keputusan.

  4. Mampu mengambil hal inti dati apa yang diberikan orang CT. orang CT selalu berkata penting tentang apa saja yang kita harus lalkukan jika ingin sukses. Kita harus benar benar memperhatikkannya, mungkin dicatet juga jika perlu. Setiap apa yang dilakukan oleh orang CT sangat berguna bagi kedepannya jadi kita hanya perlu mengambil intinya saja supaya kita juga bisa berfikir secara Computational Thingking.

  5. Menerapkannya pada kehiduppan sehari-hari. Sesuatu yang disampaikan oleh orang CT mungkin sangat penting bagi kehidupan kita semua jadi setalh kita mengambil inti dari sesutau yang disampaikan itu kita harus bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Setelah mengimplementasikkannya dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita akan mendapat akibatnya, mungkin hidup kita berubah, menjadi lebih kritis, dan berfikir secara Computational Thinking pula.

Umumnya, berpikir secara komputasional merupakan kemampuan dasar dari seorang programmer. Namun, sebenarnya berpikir secara komputasional adalah kemampuan wajib bagi seluruh kalangan manusia agar dapat menjalani kehidupannya dengan lancar. Kenapa ? karena dengan berpikir secara komputasional, kita dapat menyelesaikan segala permasalahan dengan efektif dan efisien.

Setelah mengetahui hal tersebut, seharusnya kita dapat menghargai orang yang berpikir secara komputasional. meskipun orang tersebut seringkali menanyakan atau mencari informasi yang tampaknya tidak berguna, bisa saja orang tersebut sedang mengidentifikasi pola dari masalah yang sedang dihadapi agar dapat menemukan solusi yang tepat. Tak dapat dipungkiri, orang yang terbiasa berpikir secara komputasional merupakan calon pemimpin yang sangat layak untuk menduduki posisi ketua/pemimpin. Dengan cara berpikirnya yang sistematis, orang yang berpikir secara komputasional dapat mengarahkan anggotanya untuk mencapai tujuan bersama suatu kelompok dengan efektif dan efisien.

Selain itu, seharusnya kita dapat mengambil keteladanan dari seseorang yang berpikir secara komputasional. seperti, menyadari bahwa tidak ada masalah yang mustahil untuk diselesaikan, dan menyadari bahwa segala hal yang berada di dunia ini sebenarnya memiliki suatu pola yang terstruktur dengan sangat baik serta dengan tingkat kerumitan yang tidak dapat dicapai dengan nalar manusia, menyadarkan kita kepada fakta bahwa Tuhan itu ada.

Tidak hanya itu, seharusnya kita juga dapat memahami cara berpikir dari seseorang yang berpikir secara komputasional dan mengaplikasikannya dengan cara berpikir kita sehari-hari. Tidak ada dampak negatif dari mencoba memahami cara berpikir komputasional, yang ada kita akan segera terbiasa dan mampu untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi dengan efektif dan efisien, serta mampu untuk mencapai kesuksesan yang kita impikan.

source : (My Brain)

Computational thinking merupakan pola pikir yang menuntut kita berpikir secara sistematis, logis, dan juga kreatif layaknya seorang programmer. Dalam bagaimana kita merespon orang yang berpikir demikian sebenarnya tergantung diri kita sendiri. Namun ada beberapa tips agar kita enak berdialog dengan orang yang memiliki pola pikir computational thinking.

  1. Orang yang berpikir computational thinking akan seringkali bertanya. Dia harus memiliki data sebanyak mungkin agar suatu masalah dapat terselesaikan dengan sebaik mungkin. Dalam hal ini apabila kamu sedang berdialog dengan orang yang berpikir secara computational thinking, usahakan kamu juga selalu update dengan info-info terbaru agar kamu dapat menjawab pertanyaan dari orang-prang yang berpikir demikian dan kita dapat membantu orang tersebut untuk menyelesaikan masalahnya.

  2. Usahakan dirimu untuk selalu fokus ketika berdialog dengan orang yang berpola pikir computational thinking. Dalam berpikir logis dan sistematis kita memerlukan apa yang dinamakan fokus. Fokus diperlukan agar kita tidak berpikir selain topik yang sedang dibahas. Jadi usahakan kita menyelesaikan suatu topik terlebih dahulu sebelum pindah ke lain topik.

  3. Berfikirlah kreatif setiap berdialog dengan orang yang berpikir computational thinking. Orang yang berpikir computational thinking juga akan berpikir kreatif. Oleh karena itu, anda juga harus dapat mengimbangi hal tersebut.

    Dengan sering berdialog dengan orang yang berpikir computational thinking maka anda secara tidak langsung juga akan berpikir secara computational thinking. Karena dalam berdialog dengan seseorang anda juga akan berusaha memahami pola pikir dari orang tersebut. Jadi dengan sering berdialog dengan orang yang berpikir secara computational thinking juga akan melatih anda untuk berpikir secara computational thinking.