Bagaimana Regulasi Kelas Standart Bebas Nasional Model Kit Tamiya 4WD?

Regulasi Kelas Standart Bebas Nasional

Kelas standart bebas nasional adalah kategori perlombaan balap mobil tamiya yang muncul pada tahun 2013. Pada kelas standart bebas nasional ini di klaim lebih mengasyikan karena pada perlombaan ini dibutuhkan kecepatan dan kestabilan mobil mini4WD yang tinggi sehingga perlombaan kelas standart bebas lebih mengasyikan dan lebih menantang.

Regulasi Kelas Standart Bebas Nasional

Regulasi Kelas Standart Bebas Nasional

Regulasi untuk balap mobil tamiya kelas standart bebas nasional ini terdiri dari 2 regulasi terkait mobil mini4WD dan track yang digunakan. Berikut regulasi kelas standart bebas nasional dimaksud.

Regulasi Mobil Mini4WD Kelas Standart Bebas Nasional

  1. Model mobil bebas memakai 2 WD,4 WD, mesin belakang,tengah atau depan.
  2. Jumlah roler, bahan dan pemberat bebas.
  3. Roda wajib 4 buah dengan dilapisin ban karet atau spon.
  4. Dibawah mobil wajib bersih dari apapun
  5. Akar belakang dilarang memakai akar model handy cup dan tidak diperkenankan diberi lem tembak untuk lubang akar.
  6. Lebar dan panjang mobil bebas.
  7. Body mobil wajib di pakai.
  8. Mesin mobil dan batray bebas
  9. Dilarang ada penambahan (PCB di depan body, kertas atau spon di belakang akar)
  10. Hal – hal lain yang tidak tercantum di atas bisa di konsultasikan pada saat Grand Prix.

Regulasi Lintasan/Track Balap Mobil Mini4WD Kelas Standar Bebas Nasional

A. Jenis rintangan pada kelas standart bebas nasional

  1. Pindah jalur pakai jenis halilintar. : 1 buah
  2. Superbool / jembatan : 2 buah
  3. Jamping putus jenis 3 jalur. : 1 buah
  4. Chikane / SS : 2 buah
  5. Veledrom maksimal : 2 buah

B. Kriteria pemasangan rintangan untuk perlombaan kelas standart bebas nasional

  1. PINDAH JALUR : sebelum naik halilintar track lurus minimal 3 dan turun dari halilintar minimal 2 track lurus.
  2. SUPERBOL / JEMBATAN : Sebelum naik minimal track lurus 3 dan turun minimal 3 track lurus.
  3. JAMPING PUTUS : Sebelum naik minimal 3 track lurus dan tutup track 3 dari jamping putus dan ditambah minimal 3 track lurus dan maksimal 5 track lurus.
  4. CHIKANE / SS : Penempatan chikane minimal di depannya ada 3 track lurus.
  5. VELEDROM : Sebelum naik minimal ada 4 track lurus dan turun minimal 3 track lurus. Adapun untuk track lurus naik minimal 1 track lurus maksimal 3 track lurus. Sedangkan untuk jalan miring minimal 1 track lurus maksimal 4 track lurus.

C. Pola sirkuit atau track untuk perlombaan kelas standart bebas nasional

  1. POLA 3-3 : Berarti sebelum dan sesudah halangan wajib di beri track lurus 3.
  2. POLA 4-4 : Berati sebelum dan sesudah halangan wajib diberi track lurus 4.
  3. POLA 5-5 : Berati sebelum dan sesudah halangan wajib diberi track lurus 5.

Bentuk dan model track untuk perlombaan kelas standart bebas nasional adalah bebas baik dari sisi panjang dan pendeknya track.

1 Like

Banyak diantara teman-teman saya yang mau mengikuti lomba tapi karena banyaknya standarisasi ini menjadi mengurungkan niat mereka :smiley: jadi gimana ya apa mereka ikut yang jenis STREET RACE saja yang minim standart yang penting kenceng :slight_smile: