Bagaimana proses Transaksi dan Pencatatan Saham?

Saham adalah surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Jika anda membeli saham berarti anda membeli sebagian kepemilikan atas perusahaan tersebut. Dan anda berhak atas keuntungan perusahaan dalam bentuk dividen, jika perusahaan mebukukan keuntungan.

Bagaimana proses Transaksi dan Pencatatan Saham ?

Jika dilihat dari nilai yang ditetapkan suatu saham, terdapat tiga jenis saham yaitu:

  1. Saham dengan nilai nominal, saham yang disurat saham ditulis nilai nominalnya.
  2. Saham dengan nilai ditetapkan, di dalam surat saham tidak ditulis nilai nominalnya namun perusahaan menetapkan nilainya.
  3. Saham tanpa nilai nominal dan nilai yang ditetapkan.

1. Saham dengan nilai nominal

Untuk saham yang bernilai nominal atau nilai yang ditetapkan, akuntansinya sama yaitu rekening modal saham akan dikredit sebesar nilai nominal atau nilai yang ditetapkan. Jika ada selisih antara nilai yang ditetapkan/nominal dengan uang yang diterima, selisih tersebut dicatat sebagai diskon (jika harga jual saham < nilai nominal saham) atau agio jika sebaliknya.

Misalkan perusahaan menjual 1000 saham biasa secara tunai yang nilai nominalnya adalah Rp10.000,00. Jurnal yang dibuat adalah sebagai berikut:

image

2. Saham tanpa nilai nominal

Untuk saham tanpa nilai nominal/ditetapkan, rekening modal saham akan dikredit sebesar uang yang diterima tersebut. Misalkan perusahaan menjual 1000 saham biasa tanpa nilai nominal tunai. Jurnal yang dibuat adalah sebagai berikut

image
image

Jika saham dijual dengan pembayaran bertahap atau dengan pesanan, saham mestinya baru diserahkan setelah harga saham dilunasi oleh pemesan saham. Pada saat perusahaan menerima pesanan saham, perusahaan akan mencatat piutang pemesanan saham dan setelah menerima uang rekening piutang dikredit. Setelah lunas, saham diserahkan ke pemesan.

Misalkan perusahaan pada tanggal 1 April 2013 menjual 1.000 lembar saham biasa dengan nominal Rp10.000,00 per lembar dengan harga Rp11.000,00 per lembar. Saat itu diterima kas 50% dari harga jualnya. Sisanya dibayar dua kali yaitu pada tanggal 1 Mei dan 1 Juni. Pada tanggal 1 Juni saham diserahkan ke pemesan. Jurnal yang dibuat adalah sebagai berikut:

image