Bagaimana proses regerenasi sirip ekor pada ikan zebra?

Zebra danio adalah jenis ikan tropis yang merupakan pilihan sangat tepat bagi mereka yang baru memulai hobi memelihara ikan. Dengan panjang sekitar lima senti dan atraktif, zebra danio termasuk spesies ikan sosial yang suka berinteraksi dengan ikan-ikan lainnya dan cepat berkembang biak.

Berdasarkan hasil penelitian pada proses regenerasi sirip ekor ikan zebra diketahui bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai bentuk dan ukuran semula oleh sirip ekor ikan zebra adalah berkisar 21-25 hari pada suhu pemeliharaan 26°C. Proses regenerasi sirip ekor melalui tahap-tahap berikut: 1. penyembuhan luka, 2. pembentukan blastema dan pemanjangan blastema 3. diferensiasi, dan 4. perkembangan regeneratif. Selama proses regenerasi sirip ekor menunjukkan bahwa pertumbuhan daerah perifer sirip ekor lebih cepat dibandingkan dengan daerah medial. Terbentuknya blastema dan ruas baru pada sirip ekor yang terpotong menunjukkan bahwa jenis regenerasi pada sirip ekor ikan zebra adalah epimorphosis.

Setelah diketahui pertumbuhan daerah perifer sirip ekor lebih cepat dibandingkan dengan daerah medial pada proses regenerasi sirip ekor ikan zebra, yaitu dapat dilakukan penelitian lebih lanjut ke tingkat molekuler mengenai gen yang terlibat untuk membentuk struktur yang hilang sampai dicapai bentuk semula.