Bagaimana proses perkembangbiakan Ikan Bawal ?

Ikan Bawal

Untuk menjadi induk betina, ikan bawal membutuhkan waktu pertumbuhan sekitar 4 – 5 tahun dalam kondisi yang ideal. Pada kondisi yang kurang baik, maka waktu yang ditempuh untuk menjadi dewasa akan jauh lebih lama. Bahkan, induk betina bisa tidak menelurkan telur sama sekali. Oleh karena itu, kondisi lingkungan sangat berpengaruh dalam proses perkembangbiakan.

Jika dilihat secara kasat mata, induk betina yang siap berpijah dengan yang tidak sulit untuk dibedakan. Pada kondisi dimana induk bawal betina setelah makan dan bawal yang telah matang gonad akan sama-sama menunjukkan pembesaran pada bagian perut. Untuk itu diperlukan observasi lebih lanjut sehingga kita bisa mengetahui apakah bawal betina telah benar-benar matang gonad.

Salah satu ciri-ciri ikan bawal betina matang gonad adalah pada bagian kelaminnya akan berwarna kemerah-merahan. Agar lebih pasti, maka kita dapat menggunakan kateter untuk mengambil sedikit telur sebagai sampel. Cara melakukannya: Masukkan kateter ke lubang kelamin betina secara perlahan-lahan. Lakukan eksaminasi telur yang telah diambil. Jika telur berbentuk bulat dan berwarna kehijauan, maka itu menandakan bahwa induk bawal betina telah matang gonad.

Sebaliknya, induk bawal jantan yang telah matang gonad pada bagian dadanya akan berwarna merah bersinar.

Bagaimana proses perkembangbiakan Ikan Bawal ?