Bagaimana proses penyembuhan luka pasca pencabutan gigi ?

cabut_gigi

(Rheva Maharani) #1

Pencabutan gigi

Pencabutan gigi adalah suatu tindakan mengangkat atau mencabut gigi dari soketnya pada tulang alveolar. Pencabutan gigi dilakukan jika perawatan konservasi gagal dilakukan untuk mempertahankan sebuah gigi.

Bagaimana proses penyembuhan luka pasca pencabutan gigi ?


(Fariza Khansa Yuan) #2

Proses penyembuhan luka pencabutan gigi pada dasarnya tidak berbeda dengan penyembuhan luka pada bagian tubuh lainnya. Berikut ini merupakan tahapan penyembuhan luka pasca pencabutan gigi yang kesemua tahapan saling overlapping. Adapun prosesnya berlangsung sebagai berikut :

  • Pada tahap pertama, bekuan darah terbentuk dan terdiri dari sel darah merah dan sel darah putih dengan rasio yang sama seperti yang ada dalam sirkulasi darah. Bekuan darah tersebut disertai dengan pengendapan benang-benang fibrin.

  • Pada tahap kedua, pada hari ke-4 sampai 5 terjadi penggantian bekuan darah oleh jaringan granulasi yang sehat.

  • Pada tahap ketiga, jaringan ikat secara bertahap menggantikan jaringan granulasi pada hari ke-14 sampai 16.

  • Pada tahap keempat, mulai terjadi pembentukan tulang pada hari ke-7 dengan terbentuknya fibrillar, poorly calcified osteoid pada dasar dan tepian soket. Serta pengisian 2/3 soket gigi oleh trabekula pada hari ke-38.

  • Pada tahap kelima, epitel mulai tumbuh atau ber-regenerasi pada hari ke-4 dan akan menutupi soket secara sempurna setelah hari ke 24-35.