Bagaimana proses pada pengobatan imunoterapi?

Imunoterapi dapat digadang gadang sebagai pengobatan yang bisa meningkatkan harapan hidup pasien kanker.

Imunoterapi adalah penggunaan obat-obatan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh seseorang untuk mengenali dan menghancurkan sel kanker secara lebih efektif. Imunoterapi dapat digunakan untuk kanker paru-paru sel non-kecil (NSCLC).

Pada proses pengobatan, akan diterapkan imunohisto. Pada sel kanker paru, imunohisto ialah identifikasi komponen jaringan yang punya ciri tertentu dengan menggunakan PD 1 atau PDL 1.

Bila ada ekspresi protein atau reaksi di atas 50 persen pada sel kanker, maka sel kanker tersebut dapat ditandai kemudian dihilangkan tanpa merusak sel-sel sehat di sekitarnya.

Ini memang akan menjadi pengobatan kanker paru dan masuk dalam panduan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI). Pengobatan ini sudah tersedia di beberapa rumah sakit besar di Indonesia.

Tak perlu khawatir dengan kemananan, sebab pengobatan ini telah mendapat persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk pengobatan kanker stadium lanjut lini kedua, atau setelah gagal dengan pengobatan lini pertama seperti pembedahan atau kemoterapi.