Bagaimana proses osteoporosis bisa menyebabkan gigi tanggal?

11

Banyak yang tidak mengetahui bahwa gigi merupakan bagian dari tulang yang langsung menempel pada tulang rahang. Terjadinya gigi yang mudah copot inilah berarti ada masalah yang berkaitan dengan tulang keropos atau osteoporosis. lalu bagaimana proses osteoporosis bisa menyebabkan gigi tanggal?

Tulang pada rahang termasuk tulang trabekular memiliki tekstur yang lembut dan tidak sepadat tulang lainnya. Saat kekurangan kalsium, maka tulang rahang menjadi bagian pertama yang mulai menurun kekuatannya. Tulang rahang yang kehilangan kekuatan inilah yang nantinya akan menjalar ke fungsi tulang lainnya, sehingga membuat tulang tidak lagi berfungsi secara optimal atau mulai keropos. Dan salah satu tanda yang terlihat adalah ketika rahang menjadi semakin longgar dan gigi akan goyang bahkan tanggal (copot).

Jika hal ini tidak ditangani dengan cepat dan tepat, akan timbul dampak-dampak lainnya. Dampak negatif selain penanggalan gigi adalah gigi menjadi lebih mudah patah, adanya pengikisan pada tulang rahang, dan terjadi periodontal atau infeksi bakteri kronis pada gusi dan tulang pendukung gigi. Sebelum pengeroposan tulang terjadi semakin parah, maka segera periksakan ke dokter dan cegah dengan melindungi kekuatan gigi dengan pasta gigi yang mengandung kalsium.

Moms tidak perlu repot cari pasta gigi dengan keunggulan kalsium dan menguatkan gigi dengan berbagai macam jenis pasta gigi, kini Ciptadent sudah mempunyai inovasi terbaru pada pasta gigi Ciptadent MAXI Complete. Busa halus Micro Active Foam memiliki kandungan khusus fluoride ganda, multivitamin A, C, E dan kalsium untuk menutrisi kekuatan gigi serta gusi Anda.