Bagaimana prosedur bronkografi?

Bronkografi merupakan pemeriksaan foto dengan pengisisan media kontras ke dalam sistem saluran bronkus. Bagaimana prosedur pemeriksaan bronkografi?

Cara Kerja Bronkoskopi
Pasien yang telah dijadwalkan menjalani bronkoskopi harus melakukan puasa setelah tengah malam, kecuali mereka harus mengonsumsi obat-obatan yang harus diminum. Terkadang dokter akan menyarankan pasien untuk berhenti mengonsumsi obat-obatan mulai beberapa hari sebelum bronkoskopi.

Langkah pertama tindakan ini bergantung pada jenis bronkoskop yang digunakan. Kedua jenis bronkoskopi akan membutuhkan infus (kateter yang dimasukkan ke pembuluh darah) untuk memberikan obat-obatan, seperti obat bius, untuk kenyamanan pasien. Apabila menggunakan bronkoskop yang kaku, selama tindakan harus ada ahli obat bius untuk melakukan pengawasan.

Karena tindakan ini dapat menghambat proses pernapasan, pasien akan dihubungkan dengan sebuah alat yang mengawasi tanda vital tubuh, seperti detak jantung dan tekanan darah. Oksigen dapat diberikan ke pasien melalui hidung atau mulut dengan menggunakan tabung atau kanula (tabung kecil yang lentur).

Obat bius lokal akan diberikan di bagian belakang tenggorokan dan hidung, yang akan dilewati oleh bronkoskop. Kemudian, bronkoskop akan dimasukkan melalui mulut atau hidung, melewati pita suara, saluran udara, dan paru-paru.

Setelah itu, kamera akan mulai mengambil gambar. Dokter spesialis juga dapat memilih untuk melakukan aspirasi jarum atau biopsi dengan forcep (alat penjepit) untuk mengambil sampel jaringan, cairan, atau mukus.

Bronkoskopi membutuhkan waktu sekitar satu jam

Sumber : Prosedur bronkoskopi