Bagaimana produktifitas dapat menjadi kunci keberlanjutan pemulihan ekonomi?

Secara filosofis, produktifitas mengandung pandangan hidup dan sikap mental yang selalu berusaha untuk meningkatkan mutu kehidupan.

Isu sumber daya manusia (SDM) adalah penting lantaran sangat relevan dengan kondisi yang dihadapi seluruh negara di dunia terkait pemulihan ekonomi yang belum disertasi kenaikan produktifitas. Dengan begitu, investasi di bidang SDM perlu didukung untuk menopang pemulihan ekonomi tersebut.

Menurut Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia, investasi di bidang sumber daya manusia saat ini begitu penting dilakukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran negara. Adapun SDM yang berkualitas dapat dilihat dari tiga aspek, yaitu: pendidikan, kesehatan, dan kesetaraan gender.

Indonesia selama 10 tahun belakangan telah memfokuskan program pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM. Sebanyak 20 persen anggaran negara difokuskan untuk pendidikan yang programnya meliputi Kartu Indonesia Pintar, Wajib Belajar 9 tahun, Bantuan Operasional Sekolah, hingga beasiswa Bidik Misi. Sementara, untuk kebijakan soal kesehatan, pemerintah telah mengalokasikan 5 persen dari anggaran negara untuk meningkatkan kecukupan nutrisi dan program perlindungan lainnya.

Tantangan yang dihadapi negara-negara di dunia adalah bagaimana memanfaatkan sumber daya yang ada untuk meningkatkan SDM. Walaupun ada sumber daya alam melimpah, tetapi kalau kualitas manusia tidak baik maka tidak bisa dimanfaatkan.