Bagaimana produk roadmap pada facebook?

Facebook pasti dikenal oleh setiap kalangan, dari muda-remaja hingga orangtua. Tapi tahu kah kalian bagaimana roadmap facebook ? Produk apa yang mereka rencanakan untuk ke depannya?

Facebook merupakan media sosali dan memiliki platform pesan yaitu “FB Mesengger”. Selain itu, juga ada WhatsApp dan Instagram yang merupakan produk yang telah dibeli oleh FB.

Ini dibagi menjadi tiga bagian utama:

  • Facebook meningkatkan produk Facebook yang ada selama tiga tahun ke depan
  • Facebook meningkatkan produk yang ada selama lima tahun ke depan, seperti memperkuat Instagram, WhatsApp, dan Messenger. Selain itu, juga ada video, group ,search.
  • Facebook akan melakukan selama 10 tahun ke depan, Facebook akan mengembangkan virtual reality, AI dan konektivitas di seluruh dunia. Fokus pada AI, VR, dan AR, teknologi yang ada saat ini sedang memasuki usia, dan dapat kita lihat apakah Facebook dapat menciptakan pengalaman sosial yang menarik dengan teknologi ini.

Konektivitas
(Include: Drones, Satellites , Lasers, Terrestrial Solutions, Telco Infra, Free Basics)
Facebook menciptakan, membangun, baru saja memperkenal Aquila. Aquila adalah pesawat bertenaga surya yang akan memancarkan konektivitas internet ke seluruh dunia. Grafik Terra adalah sistem nirkabel multi-node yang dirancang untuk memperkuat jaringan wifi daerah perkotaan. Tujuannya untuk membuat akses internet secara global dimana-mana.

Artificial Intelligence
(Includes: Vision, Language, Reasoning, dan Planning)
AI akan membawa perubahan yang besar terhadap pengguna. Contohnya perkembangan mobil self-driving. Kecerdasan buatan yang dibuat oleh Facebook dapat meningkatkan pengenalan ucapan dan objek, dan menerjemahkan post online ke beberapa bahasa.

Virtual Reality
(includes: Mobile VR, Rift, AR Tech, dan Social VR)
VR itu merupakan sepasang kacamata yang digunakan seperti hal kacamata biasanya, tetapi bila kita menggunakan tersebut dapat melihat informasi dan objek digital. Kita menggunakan kacamata seolah-olah merasakan apa yang dirasakan disana. Contohnya ketika bermain games menggunakan VR.
Facebook sendiri memiliki 3 poin utama untuk menerapkan di VR nya, yaitu, Informasi tampilan (contoh: petunjuk arah, pesan, atau pemberitahuan), objek digital (contohnya ketika memainkan permainan catur atau layar tv virtual), dan perangkat tambahan (contohnya benda-benda dirumah atau wajah kita).

Menurut saya, Facebook sudah baik telah membuat roadmap dan di publikasi secara umum, karena dari situ akan mendapatkan feedback dari pengguna Facebook itu sendiri. Feedback bisa ditampung oleh Facebook agar dapat memperbaiki, atau meningkatkan kualitas yang sesuai dengan keinginan pengguna atau bahkan menghilangkan produk itu sendiri.

Sumber: