Bagaimana prinsip dasar komunikasi pemerintah?

Berikut adalah beberapa pengertian komunikasi pemerintahan dari beberapa ahli, yaitu :

Erliana Hasan (2005) : Komunikasi pemerintahan adalah penyampaian ide, program, dan gagasan pemerintah kepada masyarakat dalam rangka mencapai tujuan begara.

María José Canel dan Karen Sanders dalam Government Communication: An Emerging Field in Political Communication Research (2011 : 85-86)
Government communication refers to the aims, role and practice of communication implemented by executive politicians and officials of public institutions in the service of a political rationale, and that are themselves constituted on the basis of the people’s indirect or direct consent and are charged to enact their will.

Hal ini memiliki pengertian bahwa komunikasi pemerintahan mengacu pada tujuan, peran dan praktek komunikasi yang dilaksanakan oleh politisi eksekutif dan pejabat dari lembaga-lembaga publik lainnya dalam kerangka pelayanan pemikiran politik, dan yang sendirinya merupakan atas dasar persetujuan langsung atau tidak langsung rakyat dan dibebankan untuk memberlakukan mereka akan.)
Public relations politik adalah suatu proses manajemen yang dilakukan oleh suatu organisasi atau individu untuk tujuan politik, melalui komunikasi serta tindakan yang memiliki tujuan, untuk mempengaruhi dan untuk melepaskan, membangun, dan mengelola hubungan yang menguntungkan dan reputasi dengan publik untuk mendukung misi dan mencapai tujuan yang dimiliki).

Strategi Komunikasi Pemerintahan

Setiap kegiatan komunikasi harus berdasarkan rencana atau strategi komunikasi yang terdiri dari elemen-elemen dasar yaitu :

  • Menentukan tujuan komunikasi.
  • Menentukan target komunikasi.
  • Menentukan pesan yang akan disampaikan.
  • Menentukan waktu yang tepat berdasarkan tahapan pembuatan keputusan dalam rangka mencapai efek yang maksimum.
  • Menentukan metode dan media yang akan digunakan.
  • Menentukan saluran komunikasi yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan kepada target sasaran.

Dari rencana dasar tersebut, dikembangkan menjadi beberapa tahapan pengembangan perencanaan komunikasi yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu :

  • Menganalisis masalah.
  • Menyusun peran yang akan dimainkan oleh komunikasi.
  • Mengidentifikasi target sasaran.
  • Mengidentifikasi tujuan komunikasi.
  • Mengidentifikasi strategi atau pesan.
  • Mengidentifikasi alat-alat komunikasi.
  • Pendanaan kegiatan komunikasi.
  • Mengorganisasi kegiatan komunikasi.
  • Perencanaan.
  • Melakukan evaluasi.

Prinsip-prinsip Komunikasi Pemerintahan

Komunikasi pemerintahan memiliki beberapa prinsip, yaitu :

  • Keterbukaan.
  • Komunikasi dengan publik dilakukan secara langsung.
  • Keterlibatan dengan masyarakat sebagai bagian dari pembentukan kebijakan dan pengiriman.
  • Presentasi positif dari kebijakan pemerintah dan prestasi yang telah dicapai.
  • Menggunakan seluruh saluran komunikasi yang dianggap relevan, tidak hanya terbatas pada media massa nasional.
  • Melakukan komunikasi lintas departemen yang terkoordinasi mengenai suatu isu, bukan menciptakan konflik atau duplikasi pesan.
  • Mendorong kenetralan posisi politik aparatur pemerintah.

Sementara itu, menurut Joel Netshitenzhe dalam Government Communicators’ Handbook menyatakan bahwa prinsi-prinsip dasar komunikasi pemerintahan adalah sebagai berikut :

  • Kerja pemerintah adalah sebuah kegiatan publik.
  • Sebuah pusat layanan komunikasi harus memiliki kewenangan untuk melaksanakan kegiatan publik tersebut.
  • Para pejabat politik adalah komunikator utama dalam komunikasi pemerintahan.
  • Setiap orang dalam pemerintahan adalah seorang komunikator.
  • Komunikasi pemerintahan harus didasarkan pada program dan strategi komunikasi yang terpadu.
  • Struktur komunikasi tidaklah mencerminkan kebijakan.
  • Komunikasi lebih dari sekedar media perantara.
  • Bentuk komunikasi yang paling efektif adalah komunikasi langsung dan pertukaran bersama mengenai suatu pandangan dengan publik.
  • Dalam mengerjakan kampanye dan program, diperlukan usaha untuk memahami lingkungan komunikasi.
  • Kampanye komunikasi dapat berjalan dengan baik ketika bekerja sama dengan pihak lain di luar pemerintah.

Sumber : Pakar Komunikasi. “Komunikasi Pemerintahan – Pengertian, Prespektif, Prinsip dan Penjelasannya” (diakses 6 September 2017),http://pakarkomunikasi.com/komunikasi-pemerintahan