Bagaimana prinsip bioflok sebagai pakan herbal ikan?

Bioflok—sesuai namanya yang merupakan gabungan dari kata “bios” (kehidupan) dan “flock” (gumpalan)—adalah kumpulan dari berbagai organisme seperti bakteri, mikroalga, protozoa, ragi dan sebagainya, yang tergabung dalam gumpalan. Bagaimana prinsipnya?

http://efishery.com/sites/wp-content/uploads/2017/04/kolam-ternak-lele-bioflok-efishery.png

Jika pakan herbal yang sebelumnya disebutkan menambahkan tanam-tanaman, budidaya menggunakan sistem bioflok ini menambahkan organisme hidup (probiotik) yang berperan tidak hanya sebagai pakan tambahan alami bagi ikan tetapi juga menjaga kualitas air sehingga ikan lebih sehat.

Untuk menginisiasi tumbuhnya organisme tersebut, biasanya pada kolam ditambahkan kultur bakteri jenis Bacillus sp (B. subtilis, B. licheniformis, B. megaterium, B. polymyxa) atau ragi (jenis Saccharomyces), dan molase/tetes tebu sebagai nutrisi bagi bakteri. Mikroba ini kemudian akan berkembangbiak dan karena media perairan budidaya sistem bioflok sudah dikondisikan, maka tumbuh pula protozoa, mikroalga, ragi dan bakteri-bakteri menguntungkan lainnya.

PRINSIP BIOFLOK

Berdasarkan riset bioflok pada lele yang dilakukan DJPB KKP, keuntungan penerapan sistem bioflok ini antara lain:

  • Sedikit pergantian air, karena flok harus terjaga agar tetap menjadi gumpalan.
  • Efisien pakan (FCR bisa mencapai 0,7)
  • Pada tebar bisa lebih tinggi (mencapai 3000 ekor/m3)
  • Produktivitas tinggi

Hal-hal yang patut diperhatikan pada sistem bioflok ini antara lain pentingnya aerasi untuk mengaduk bahan organik agar terurai dengan baik. Selain itu juga aerasi berfungsi untuk menambah oksigen dan menjaga kadar pH. Selain itu, manajemen pemberian pakan juga perlu diperhatikan. Setelah beih ditebar ke dalam kolam, sebaiknya beih dipuasakan selama 2 hari untuk proses adaptasi dengan lingkungan. Ada pula masanya ikan tidak diberi pakan pelet untuk memanfaatkan flok yang tersedia. Periodenya adalah sehari dalam seminggu dimulai pada minggu kedua setelelah penebaran.

Ref: http://efishery.com/efishery-university/siar/bioflok-suplemen-alami-bagi-ikan/