Bagaimana pertunjukkan Tari Cerana ditampilkan?

Tari Cerana adalah tari selamat datang atau tarian penyambutan yang berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Lalu, bagaimana pertunjukkan Tari Cerana akan ditampilkan?

Tari Cerana biasanya ditampilkan dengan dibawakan oleh 6 orang atau lebih penari wanita dan satu orang penari pria dengan diiringi musik pengiring dan menggunakan busana adat. Penampilan biasanya diawali dengan penari wanita menari dengan diiringi alunan musik pengiring. Kemudian penari pria masuk ke arena dan bergabung bersama dengan penari wanita. Gerakan penari wanita didominasi dengan gerakan tangan yang gemulai sambil membawa tempat sirih di tangan satunya. Sedangkan penari pria didominasi dengan gerakan tangan yang direntangkan.

Di akhir pertunjukan para penari wanita didampingi penari pria berjalan sambil menari menghampiri para tamu yang dihormati dan menyajikan sirih dan pinang kepada mereka. Setelah menyajikan sirih dan pinang, para tamu kemudian mengunyahnya sebagai tanda terima kasih. Kemudian setelah semuanya selesai para penari keluar arena sambil menari.