Bagaimana pertolongan pertama jika mengalami patah tulang tangan?

Umumnya patah tulang tangan terjadi ketika kamu berusaha menyangga tubuh saat jatuh dan tidak sengaja mendarat dengan posisi tangan terulur. Kondisi ini bisa terjadi dengan hanya 1 patahan atau beberapa patahan sekaligus.

Ketika tulang tangan patah, perawatan harus diberikan dengan segera. Jika dibiarkan, kemungkinan terjadi perubahan posisi pada tulang atau sambungannya bisa saja dialami meskipun sudah sembuh. Bagaimana pertolongan pertama jika mengalami patah tulang tangan?

Patah tulang harus ditangani sesegera mungkin di rumah sakit. Namun apa saja yang harus kita perhatikan dan lakukan sebelum mendapatkan penanganan medis?

Segera Hentikan Perdarahan
Jika ada perdarahan yang terjadi, gunakanlah kain bersih untuk menghentikannya. Tempelkan kain tersebut pada bagian yang berdarah dan tekan perlahan untuk menghentikannya. Hindari menekan tulang yang mungkin mencuat atau menembus kulit.

Kurangi Pembengkakan
Tempelkan kompres dingin pada bagian yang membengkak. Tetapi jangan langsung menempelkan es. Kamu bisa menggunakan handuk untuk membungkus es sebelum menempelkannya.

Jangan Menggerakkan Tangan yang Patah
Langkah ini diutamakan bila tangan terasa kebas (mati rasa) atau dingin saat disentuh. Begitu juga bila kulit di bawah kuku penderita terlihat membiru.

Tekuklah tangan pada bagian siku. Jangan pernah berusaha meluruskan bagian tangan yang mungkin tampak bengkok.

Gunakan belat (splint). Kamu bisa memakai papan atau benda keras dan lurus lainnya. Kamu juga bisa menggulung beberapa lembar koran dan menggunakannya sebagai belat.

Ikatkan belat pada lengan bagian bawah dengan kain atau perban agar tulang yang patah tidak mengalami pergerakan. Lalu buatlah armsling dengan kain, kemudian gantungkan pada leher.

Setelah pertolongan pertama selesai, segera berangkat ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari petugas medis profesional. Dokter akan menanyakan penyebab patah tulang secara mendetail, serta riwayat kesehatanmu maupun keluarga.

Cedera ini harus diperiksa dan dirawat dengan saksama agar kamu terhindar dari berbagai komplikasi. Bila tidak ditangani dengan benar, kamu berpotensi mengalami penurunan kemampuan gerak pada tanganmu.

Pemulihan dari patah tulang tangan sangat bergantung pada tingkat keparahannya. Bila patah tulang berdampak atau memengaruhi jaringan di sekitarnya atau menyebabkan infeksi, penyembuhan mungkin akan memakan waktu yang lebih lama.