Bagaimana perkembangan musik dangdut di kancah internasional?

musik dangdut

Bagaimana perkembangan musik dangdut di kancah internasional ?

1 Like

Menurut Sosiolog musik, Prof. Andrew N. Weintraub, mengatakan bahwa musik dangdut ini asli budaya indonesia bukan dari malaysia, arab, bahkan india. Musik dangdut ini juga di berbagai daerah dapat diterima dan menjadi pemersatu bangsa, lepas dari latar belakang sosial, budaya sehingga lahirlah Dangdut Banjar, Dangdut Minang, Dangdut Jawa, Dangdut koplo, Dangdut Remix, Dangdut Batak, Popdut, dan sampai ada Rockdut. Dengan hal itu lah dapat berargumen bahwa musik dangdut khas Indonesia ini sangat pantas untuk diperkenalkan atau dipromosikan di dunia internasional dan menjadi suatu identitas budaya populer dari indonesia yang sangat terkenal. Dan juga menginat bahwa indonesia yang multicultural, penggunaan budaya musik dangdut ini dapat mempertahankan kesatuan bagi berbagai golongan masyarakat. Oleh karena itu, musik dangdut khas indonesia ini bukan hanya untuk mepertahankan kesatuan bagi berbagai golongan masyarakat indonesia saja, melainkan dapat mempersatukan Indonesia dengan masyarakat Internasional, dan Musik Dangdut ini juga langsung bisa menyebar di berbagai negara di Asia, seperti negara Malaysia, Singapura, Brunei Darrusalam, Thailand, Timor leste. Di negara itu tersebut bahwa musik dangdut khas indonesia ini mulai tersebar di daerah-daerah Negara tersebut. Seperti halnya saat ini di Indonesia mengadakan sebuah Audisi Musik Dangdut yang dinamakan “Dangdut Academy Asia” yang diikuti oleh berbagai negara di Asia Tenggara (Andrew, 2010).

Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak memiliki sumber kebudayaan, pada dasarnya yang saat ini sedang ramai dibicarakan oleh warga asing yaitu terhadap
budaya musik dangdut indonesia yang menjadikan sumber kebudayaan negara Indonesia yang menjadi terkenal. Dalam studi kasus musik dangdut khas indonesia yang diselenggarakan di acara Audisi Dangdut Academy Asia yang merupakan sebuah acara yang diikuti oleh berbagai negara di kawasan Asia Tenggara sebagai acara musik dangdut. Acara Dangdut Academy Asia ini bisa menyebarluaskan kepada masyarakat Asia dengan cara adanya audisi Dangdut Acaemy Asia itu dan penyanyi dangdut Indonesia ini pernah memperkenalkan budaya musik dangdut di berbagai negara di asia, seperti penyanyi dangdut yang bernama Inul Daratista ini pada tahun 2012 lalu, penyanyi dangdut inul daratista ini berhasil menggelar konser di Taiwan dan Korea. Dan kemudian hanya selang dua tahun, dia juga diundang oleh Kedubes Indonesia di Malaysia dan Singapura untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya musik dangdut khas indonesia ini.

Dan penyebaran musik dangdut ini bukan hanya di acara audisi Dangdut Academy Asia
saja, tetapi baru-baru ini Indonesia telah menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Dalam acara Asian Games 2018 ini tersebut terdapat hal-hal yang menguntungkan bagi Indonesia, seperti mempromosikan budayabudaya indonesia ke masyarakat asing. Seperti halnya dalam Official Theme Song Asian Games 2018 yang berjudul “Meraih Bintang” ini merupakan lagu dangdut, maka dengan itu Indonesia membuktikan budayanya sendiri kepada masyarakat asing. Oleh karena itu, musik dangdut ini merupakan musik khas indonesia. Dalam Official Theme Song Asian Games ini Indonesia mempromosikan budaya musik dangdut khas indonesia sendiri kepada masyarakat-masyakarat asing yang mengakibatkan menjadi terkenal setelah dipromosikan menjadi Official Theme Song Asian Games 2018. Ketua Indonesia Asian
Games 2018 Organizing Comittee (INASGOC) Erick Tohir yang telah memilih Official Theme Song Asian Games 2018 ini dikarenakan agar budaya musik dangdut indonesia ini bisa dipromosikan saat acara Asian Games 2018. Lagu yang berjudul “Meraih Bintang” ini dinyanyikan oleh artis dangdut yang bernama Via Vallen. Karena memang penyanyi dangdut asal Jawa Timur itu merupakan penyanyi dangdut muda dan mempunyai fans yang cukup luas dari atas ke bawah dan memiliki talenta yang luar biasa, maka Via Vallen ini membawakan musik dangdut yang bisa mempopulerkan Theme Song Asian Games 2018. Disisi lain juga ketua INASGOC Erick Tohir mengatakan bahwa Via Vallen penyanyi dengan bakat yang luar biasa. Maka disitulah adanya penyebaran budaya musik dangdut khas Indonesia.

Referensi

Fitriyadi, I A. 2019. Globalisasi Budaya Populer Indonesia (Musik Dangdut) di Kawasan Asia Tenggara. Padjadjaran Journal of International Relations (PADJIR). Vol. 1 (3) : 251-269.