Bagaimana perkembangan Kalkulator dari masa ke masa?

kalkulator

Jaman dulu, sebelum ada kalkulator, orang menggunakan alat bantu hitung yang bernama abacus. Abacus muncul sekitar 5000 tahun yang lalu. Abacus menggunakan biji-bijian geser yang diletakkan di sebuah rak untuk membantu berhitung. Saat ini abacus masih digunakan di berbagai daerah di Asia.

Pada tahun 1642, Blaise Pascal menemukan alat hitung baru bernama kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator). Alat ini menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan angka hingga delapan digit. Sayangnya, alat ini hanya dapat digunakan untuk penjumlahan saja. Selanjutnya, seorang matematikawan dan filsuf Jerman bernama Gottfred Wilhem von Leibniz mengembangkan kalkulator yang ditemukan oleh Pascal. Kalkulator ini mampu mengoperasikan perkalian. Kalkulator ini kemudian berkembang menjadi kalkulator mekanik yang dapat melakukan empat fungsi aritmetik dasar, yaitu penjumlahan, perkalian, pengunrangan, dan pembagian. Charles Xavier Thomas de Colmar- lah penemu alat ini pada masa Perang Dunia I.

Pada tahun 1931 Vannevar Bush menemukan sebuah kalkulator yang dapat mengoperasikan persamaan diferensial. Alat tersebut masih sangat besar dan berat karena memiliki banyak gerigi dan poros. Di tahun 1903 John V. Atanasoff dan Clifford Berry mengaplikasikan aljabar boolean pada sirkuit elektrik. Mereka membuat komputer elektrik pertama pada 1940.

Pada tahun 1963 perusahaan asal Inggris, Bell Punch dan Sumlock-Comptometer mengenalkan kalkulator bertenaga listrik. Setahun kemudian, perusahaan asal Jepang menyempurnakan alat hitung tersebut dengan menambahkan komponen baru bernama transistor. Dengan adanya transistor, selain ukurannya dapat dibuat lebih kecil, kalkulator ini juga memiliki komputasi yang lebih baik dari produk pendahulunya. Tahun 1969, perusahaan Jepang mengembangkan kalkulator berbasis chip. Setahun kemudian, produk ini dikembangkan agar dapat beroperasi menggunakan baterai yang dapat diisi ulang. Kalkulator ini semakin kecil ukurannya sejak ditemukannya teknologi Liquid Crystal Display (LCD). Pada tahun 1976 kalkulator dengan LCD dan baterai mini mulai diproduksi dan dipasarkan. Begitulah sejarah perkembangan kalkulator yang sering kita gunakan sekarang.

Sumber:
sains.me